BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Pansus Raperda Keamanan Pangan Kalsel Kunjungi Babel

BANJARMASIN – Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Keamanan Pangan di Kalsel mempelajari penyelenggaraan keamanan pangan Bangka Belitung (Babel).

Ketua Pansus Raperda tentang Keamanan Pangan di Kalsel, Haryanto mengatakan pihaknya melakukan studi komparasi ke Dinas Pangan Provinsi Babel karena mereka sudah mempunyai  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Keamanan Pangan. Menurutnya Perda Babel tersebut relatif komprehensif karena mencakup keamanan pangan (kampang) segar dan olahan.

“Kita ingin menggali implementasi Perda 16/2017 tersebut, serta titik-titik kritis pelaksanaannya,” katanya.

Selain itu, Pansus juga mempelajari koordinasi pelaksanaan Perda 16/2017 tersebut dengan pemangku kepentingan kampang seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pangan, dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Kemudian pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengawasan dan Sertifikasi Hasil Pertanian (PSHP) selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD), koordinasi dengan Pemkab/Pemkot serta koordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) yang langsung terkait dengan budi daya pertanian yang biak.

“Masih banyak yang akan kita gali sebagai bahan dalam pembahasan Raperda tentang Keamanan Pangan, ” pungkasnya. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat