NewsProvinsi Kalsel

Peran Keluarga Penting Untuk Pulihkan Penyandang Disabilitas

BANJARBARU РDalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember para penderita disabilitas hendaknya mendapat perhatian yang lebih besar dari sebuah keluarga. Hal itu disampaikan Dinas Sosial melalui Kasi Rehabilitasi Sosial dan Lanjut Usia Provinsi Kalimantan Selatan Yudhiana Khusnan Kurniawan, dalam program Topik Kita Hari Ini di Radio Abdi Persada FM, edisi Selasa (3/12).

Menurutnya para penyandang disabilitas harus mendapat pola asuh pendampingan yang sangat dekat, dan merawatnya dengan penuh kesabaran serta ketekunan sehingga mereka tidak merasa tersisihkan dalam pergaulan sehari- hari di tengah masyarakat.

“Kedekatan hubungan keluarga sangat penting, agar mereka tidak merasa ada kelainan dari orang lain,” ucapnya.

Pemerhati Disabilitas, Elly Rahmah SH.

Sementara itu Pemerhati Disabilitas Elly Rahmah mengatakan, Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas, memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel.

“Selain keluarga besar, dukungan moril teman dekat sangat berperan bagi para penyandang disabilitas,” katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat mengusung tema Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul, maka Untuk mewujudkan tema itu, berbagai upaya dilakukan. Salah satunya melalui penyusunan dan peluncuran Peta Jalan Sistem Layanan Kesehatan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas 2020 – 2024. Peta jalan ini menjadi rujukan kebijakan dan program bagi pemangku kepentingan bidang kesehatan di tingkat pusat maupun daerah. (NHF/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat