12 April 2021

Empat Raperda “Warisan” Segera Ditindaklanjuti

1 min read

Ketua BP Perda DPRD Kalsel, Hormansyah.

BANJARMASIN – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan segera akan menindaklanjuti empat dari tujuh raperda “Warisan” anggota DPRD Kalsel periode sebelumnya.

Ketua BP Perda DPRD Provinsi Kalsel, Hormansyah mengatakan pihaknya meminta inisiator dan pengusul Raperda tersebut untuk memaparkan kembali usulan Raperda yang diajukan kepada BP Perda. Namun dari tujuh usulan Raperda tersebut baru empat diantaranya yang akan terlebih dahulu ditindaklanjuti oleh BP Perda.

“Karena baru empat dari tujuh usulan Raperda tersebut yang disertai dengan naskah akademik,” katanya.

Hormansyah menegaskan tidak akan memproses usulan atau inisiatif Raperda yang belum ada naskah akademiknya dan hanya diajukan judulnya saja. Karena kelengkapan naskah akademik, menurutnya memang menjadi salah satu syarat yang kini diterapkan BP Perda jika ingin usulan atau inisiasi Raperda dilanjutkan ketahap sebelumnya.

Untuk diketahui dari empat usulan Raperda tersebut, dua diantaranya merupakan inisiatif DPRD Provinsi Kalsel yaitu dari Komisi I  Raperda Tentang Pengendalian Karhutla dan dari Komisi II Raperda Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Sedangkan dua usulan Raperda dari Pemerintah Provinsi Kalsel yaitu Raperda Tentang Pengelolaan Kawasan Taman Raya Banua dan Raperda Tentang Ketahanan Pangan.

Sedangkan Raperda APBD 2020 sudah dalam tahap pembahasan oleh Pansus dan dua Raperda lainnya yaitu Raperda Penyelenggaran Pariwisata dan Raperda Pemadam Kebakaran di Kalsel ditunda pembahasannya ke tahun 2020. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.