13 April 2021

Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Banjar, Sudah Dimulai

1 min read

Bupati Kabupaten Banjar saat membuka Hari Santri Nasional Tahun 2019.

BANJAR – Pembukaan hari Santri Nasional tahun 2019 Kabupaten Banjar digelar di Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha, Martapura pada Selasa (22/10).

Hari Santri Nasional tahun 2019 tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman dan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Banjar Muhammad Rofiqi, Dandim 1006/Mtp Letkol Armed Siswo Budiarto serta SKPD lingkup Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya, Khalilurrahman menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri tak terlepas dari peran pendiri ormas Islam terbesar di Tanah Air, Nahdlatul Ulama (NU) yaitu KH Hasyim Asy’ari.

“Dicetuskannya resolusi jihad 22 Oktober oleh KH Hasyim Asy’ari, telah membakar semangat patriotisme dan nasionalisme. Menggerakkan santri, pemuda, dan masyarakat untuk bergerak bersama berjuang melawan pasukan kolonial hingga titik darah penghabisan, hal itu merupakan sebuah perjuangan panjang hingga puncaknya pada 10 November 1945 yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan,” ucap Khalilurrahman.

Khalilurrahman juga mengaku bangga, karena dirinya juga merupakan seorang santri pada masanya.

“Saya juga mantan santri, setelah itu saya terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjar selama 2 Periode, Anggota DPR RI 1 Periode, dan sekarang menjadi Bupati. Sehingga saat jadi santri, kita harus bangga,” lanjut Kholilurrahman.

Lebih lanjut Kholilurrahman berharap para santri memiliki berbagai inovasi dan kreatif. Sehingga saat lulus pondok pesantren dapat berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan pengembangan masyarakat.

“Jangan saat selesai pesantren pikirannya cuma mau kawin, semua santri Kabupaten Banjar harus Kreatif,” sahut Khalilurrahman sambil tertawa.

Untuk diketahui, saat pembukaan hari Santri Nasional tahun 2019 Kabupaten Banjar tersebut, ratusan santri dari berbagai Pondok Pesantren se Kabupaten Banjar juga turut hadir. (MRF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.