12 April 2021

DPRD Kalsel Datangi Tala Bahas Soal Peternakan

3 min read

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan M. Yani Helmi saat memberikan sambutannya (baju batik).

TANAH LAUT – Rabu (23/10), Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan kali ini berbentuk rapat antara Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut. Acara dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dewi Damayani Said beserta para anggota dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan Suparmi beserta rombongan, serta Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut Suharyo. Rapat ini dipimpin oleh M.Yani Helmi salah satu anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam rapat ini pun banyak pembahasan yang dilakukan antara DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan yang berfokus pada dunia Peternakan dan hal terkait lainnya.

Seluruh pejabat yang berhadir mulai dari Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tala dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan.

Saat memimpin rapat, M. Yani Helmi Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan, tujuan dari pihaknya berkunjung ke Kabupaten Tanah Laut terkhusus ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk saling bertukar pengetahun, karena Kabupaten Tanah Laut merupakan daerah yang sangat maju dalam dunia Peternakan di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Harapan kami dalam kegiatan kunjungan kerja ini bisa menjadi manfaat untuk masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Suparmi juga mengatakan hal yang serupa, bahwa potensi Peternakan di Kabupaten Tanah Laut sangatlah bagus.

“Tanah laut ini merupakan penyangga peternakan untuk Provinsi Kalimantan Selatan, dan merupakan satu-satunya SKPD yang intansinya fokus di Peternakan. Kami pun juga berharap semoga bisa ada SKPD seperti ini di daerah Kabupaten/Kota lain di Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkap Suparmi.

Suparmi juga mengatakan, bahwa kunjungan pihaknya untuk mendampingi Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dilakukan untuk menyusun peraturan daerah. Dalam hal mendukung membangun dunia Peternakan dan Kesehatan Hewan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam dialog dalam rapat yang berjalan, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dewi Damayani Said mengatakan, bahwa dirinya tertarik dengan apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut karena memiliki pasar yang bisa menjadi sentral perputaran ekonomi masyarakat melalui penjualan yang dilakukan oleh para peternak di Kabupaten ini.

Usai acara Kepada Abdi Persada FM Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Suharyo mengatakan, pihaknya mempunyai pasar hewan yang merupakan satu-satunya pasar yang aktif di Provinsi Kalimantan Selatan danĀ  Provinsi Kalimantan Tengah. Dimana pasar tersebut sangat membantu untuk para peternak membudidayakan ternaknya.

“Kita tidak hanya berusaha membudidayakan, tapi kita juga memberikan fasilitas berupa pasar, dengan begitu perkembangan kami bisa lebih cepat serta bisa dimanfaatkan oleh para peternak untuk melakukan perputaran ekonomi,” jelas Suharyo.

Suharyo menambahkan, pasar tersebut bukan hanya dimanfaatkan oleh para peternak lokal, tetapi juga dimanfaatkan oleh peternak yang berasal dari daerah luar Kabupaten Tanah Laut bahkan keluar pulau Kalimantan seperti Sulawesi Selatan, Madura, dan NTB. Selain itu pasar tersebut juga berpengaruh untuk menambahkan pendapatan daerah berupa retribusi dengan target pertahunnya sebesar Rp300.000.000 dari pendapatan di pasar hewan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). (RAP/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.