BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Jadi Tuan Rumah Porseni Ke-13 Poltek Se Indonesia 2020, Ini Pesan Paman Birin Kepada Poliban

BANJARMASIN – Hingga tahun 2020 mendatang, ternyata provinsi Kalimantan Selatan masih dipercaya untuk me jadi tuan rumah sejumlah even bertaraf nasional. Sebut saja pada Februari 2020, ada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS), dan juga Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-13 Poltek seluruh Indonesia. Untuk kegiatan kedua ini, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) dipercaya sebagai panitia pelaksananya. Rencananya acara dua tahunan ini, akan dilaksanakan pada 13 – 18 Maret 2020, dengan mempertandingkan 13 cabang olahraga dan seni. Diantaranya futsal, voli dan basket, karate dan silat, menyanyi solo, nasyid serta puisi. Demi untuk mendapatkan atlet dan perwakilan terbaik pada Porseni ke-13 itu, maka sejak 18 Oktober hingga 18 November mendatang, Poliban menggelar audisi dan seleksi atlet talent.

Menurut Direktur Poliban Joni Riadi,  pada penyelenggaraan Porseni ke-12 tahun 2018 lalu, provinsi  Kalimantan Selatan hanya mampu menduduki posisi ke-11 dari 34 provinsi peserta. Sementara pada pelaksanaan tahun depan di Kalsel, pihaknya menargetkan dapat mencapai peringkat 5, yang diawali dengan proses audisi pencarian bakat atau talent atlet, yang lumayan ketat

“Pada proses audisi ini, kita akan mencari 100 atlet dan talent terbaik untuk  mewakili Kalsel. Mereka nantinya akan bersaing dengan sekitar 2.000 peserta lainnya, yang datang dari seluruh Indonesia. Kami optimis pada sejumlah cabang olahraga unggulan, seperti bola basket, futsal, silat dan juga karate,” jelasnya.

Sementara itu, terkait hal ini Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengungkapkan, bahwa Porseni ke-13 di Kalsel ini,  merupakan kesempatan terbaik untuk menunjukkan potensi serta meraih prestasi menuju atlet profesional, dan  menjadi andalan Banua maupun bangsa Indonesia kedepannya.

“Porseni ke-13 nanti,  dapat menggali potensi yang dimiliki generasi muda  khususnya di bidang olahraga dan seni. Karena itu saya berharap, perwakilan Kalsel terutama Poliban dapat memperlihatkan  kemampuan terbaiknya, dan tetao menjunjung tinggi nilai sportivitas,” pesannya saat hadir pada pembukaan kegiatan audisi akhir pekan lalu.

Selain itu ditegaskan gubernur pula, bahwa pemerintah provinsi Kalsel mendukung sepenuhnya kegiatan ini, salah satunya melalui pendanaan. “Tujuannya agar sukses pelaksanaan dan juga sukses dalam prestasi,” tutup gubernur yang biasa disapa Paman Birin tersebut. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat