13 April 2021

Di Batola  akan Ada 3 Even Tahunan Baru

3 min read

Bupati Batola, Noormiliyani AS, saat bermain layang-layang.

BARITO KUALA – Kabupaten Barito Kuala merupakan Kabupaten dengan daerahnya yang luas terdiri dari 17 Kecamatan, Kabupaten ini merupakan Kabupaten yang memiliki potensi besar dan kuat dalam sektor pertanian. Melihat dari situ, Pemerintah Kabupaten Barito menyelenggarakan beberapa Even besar di daerah dengan potensi pertanian besar contohnya Kecamatan Jejangkit dengan luas tanah pertanian, yang selain kuat dalam aspek pertaniannya juga memiliki potensi besar dalam segi perkembangan pariwisata.

Wakil Bupati Batola, Rahmadian Noor, saat bermain layang-layang.

Even besar yang diselenggarakan salah satunya adalah Festival Layang-layang Bahalap yang telah mendatangkan Penggiat layang-layang dari Malaysia Nasrin Abdullah dan Ketua Umum Talikama Pusat (Persatuan Pegiat Layang-layang Nusantara) Herdjuno.

Kepada Abdi Persada FM, Bupati Kabupaten Barito Kuala Noormiliyani AS mengatakan, bahwa Festival layang-layang Bahalap ini merupakan salah satu even besar baru yang pihaknya selenggarakan di Kabupaten Barito Kuala.

“Ada beberapa Festival di 2019 ini pertama Festival Burung berkicau yang bisa berjalan dengan baik dan di apresiasi oleh masyarakatmasyarakat dengan luar biasa, dan bahkan merupakan Festival burung terbesar di luar jakarta, yang kedua ada Festival layang-layang Bahalap dan mampu mendatangkan penggiat layang-layang dari dalam sampai mancanegara (Malaysia), dan yang terakhir ada Tour De Batola berupa Festival bersepeda mengelilingi daerah Kabupaten Barito Kuala dengan jarak lebih dari 100 KM. 3 Even ini akan kami evaluasi dan diharapkan bisa menjadi even tahunan di Kabupaten Barito Kuala,” ungkap perempuan pertama yang pernah menjadi pemimpin di DPRD Provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Noormiliyani AS menegaskan, pihaknya juga serius menanggapi pembicaraan dengan Persatuan Pegiat Layang-layang Nusantara, yang rencananya akan mendatangkan 20 Negara penggiat layang-layang ke Kabupaten Barito Kuala.

“Kami serius, dan kita berpikir untuk menyiapkan anggaran karena 20 Negara yang datang kesini merupakan hal yang luar biasa, selain itu saya juga minta kalau hal tersebut terealisasi saya ingin para tamu dalam baik mancanegara harus menginap di Marabahan, agar ada dialog atau seminar yang bisa dijalankan antar penggiat layang-layang dan kemungkinan akan diselenggarakan saat bulan Agustus tahun depan,” ucap Noormiliyani.

Suasana gembira saat para pejabat dan masyarakat Batola bermain layang-layang di eks lapangan parkir HPS Jejangkit.

Sementara itu Ketua Umum Talikama Pusat (Persatuan Pegiat Layang-layang Nusantara) Herdjuno mengatakan bahwa, pihaknya siap untuk membantu Pemkab Batola dalam menyelenggarakan even layang-layang Internasional di jejangkit.

“Tentu kami senang menyikapi rencana Pemkab Batola untuk menggelar even layang internasional di Jejangkit. Terlebih banyak potensi yang ditawarkan di sekitar arena pertandingan.Batola tinggal menyesuaikan jadwal, sebaiknya digelar Agustus, setelah event internasional di Yogjakarta yang biasanya diadakan saat bulan juli,” ucap Herdjuno senang

Hal senada juga disampaikan penggiat layang-layang dari Malaysia Nasri Bin Ahmad. Menurutnya hal yang demikian, pihaknya sangat mendukung pemkab Batola untuk memperjuangkan layang-layang di Kabupaten ini.

“Saya mendukung hal tersebut, dan di sini tidak kalah dengan daerah lain. Disini memiliki potensi yang sangat besar bahkan merupakan olahraga yang bisa dimainkan oleh seluruh keluarga,” ucap Perwakilan Club Layang Show Kite Malaysia yang sudah ikut bermain dalam perlombaan layang-layang hampir diseluruh dunia

Usai acara pun Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala Gusti Ruspandi mengatakan terimakasih kepada masyarakat karena memeberikan respon yang sangat baik dengan salah satu event yang pihaknya selenggarakan ini.

“Antusiasme  masyarakat sangat bagus bahkan gembira, selain itu perputaran ekonomi masyarakat juga terlihat. Selain itu kami juga akan meningkatkan potensi wisata di jejangkit. Kami juga akan mempersiapkan anggaran APBD untuk menyambut rencana yang akan mendatangkan 20 negara pada even Festival layang-layang Bahalap pada tahun depan,” pungkas Gusti.

Untuk di ketahui sampai saat ini sudah ada 2 dari 3 Even besar yang sudah diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala antara lain Festival Burung berkicau, dan Festival layang-layang Bahalap dengan hadiah berupa uang tunai, kendaraan roda dua, juga mobil. (RAP/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.