15 April 2021

Kenalkan Alat Baru, Pemko Banjarbaru Gelar Simulasi Memadamkan Api

1 min read

Wakil Walikota Banjarbaru saat mencoba Alat Pemadam Api Medium (APAM).

BANJARBARU – Simulasi yang digelar di belakang Gedung Olahraga Rudy Resnawan Jalan Trikora, Banjarbaru, pada Kamis (17/10) tersebut juga diperkenalkan alat pemadam kebakaran terbaru yang diberi nama Alat Pemadaman Api Medium (APAM).

Usai menggelar simulasi, Kepada sejumlah Wartawan Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, bahwa simulasi tersebut merupakan kegiatan untuk memperkenalkan alat pemadam kebakaran terbaru.

“Simulasi ini kegiatan utamanya memang demo alat pemadam api medium (APAM) ini, dikarenakan APAM ini merupakan salah satu inovasi mahasiswa dari Jakarta yang mendapat apresiasi dari peserta dan pengunjung di salah satu Festival tahun 2018 lalu di Jakarta,” ucap Darmawan Jaya

Alat Pemadam Api Medium (APAM).

APAM merupakan alat pemadam yang sangat praktis dikarenakan tidak perlu menggunakan arus listrik saat ingin menghidupkan alat tersebut.

“Untuk mengoperasionalkan APAM ini cukup memakai tenaga pemutaran roda ban sepeda motor, yang penting sepeda motornya harus ada standar 2  sehingga dengan putaran ban sepeda motor bisa menggerakkan alat itu, dan saat kami mencoba alat tadi semprotan airnya cukup besar yakni sekitar 25 meteran,” lanjut Darmawan.

Menurut Darmawan Jaya, pihaknya membeli alat pemadam api medium (APAM) tersebut dikisaran harga Rp4 juta-an.

“APAM tersebut diproduksi pada tahun 2018, dan Pemerintah Kota diberikan harga khusus sebesar Rp4 juta, tetapi alat tersebut di Kota Banjarbaru masih dalam rangka uji coba, sehingga kami meminta pihak BPBD Kota Banjarbaru melakukan evaluasi terhadap alat tersebut usai simulasi ini dikarenakan APAM ini memanfaatkan sumber air yang ada disekitar tiik api untuk menggunakannya,” pungkas Darmawan. (MRF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.