BanjarbaruNewsProvinsi Kalsel

Rakor Kepala Daerah se Kalsel, Bahas Pilkada Serentak

BANJARBARU – Rapat koordinasi kepala daerah tingkat provinsi Kalimantan Selatan, digelar di gedung Idham Chalid Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (10/10).

Rapat koordinasi dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan dihadiri oleh Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) provinsi, kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Selatan mengucapkan, terimakasih atas kehadiran kepala daerah ini, mengingat perlunya sinergitas yang terjalin antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, demi menyukseskan pembangunan di Kalimantan Selatan.

“Pembangunan di era desentralisasi, memerlukan kebersamaan, kesepahaman, dan keselarasan, antara pemerintah pusat, Pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota, karena meskipun setiap pemerintahan memiliki kewenangan masing-masing, namun pada hakekatnya kita mempunyai tanggungjawab yang sama, yaitu memakmurkan rakyat mensejahterakan rakyat dan melayani rakyat dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Berbagai permasalahan dikatakan paman Birin (sapaan akrab Gubernur), seperti masalah di bidang ekonomi, sosial, dan politik, serta bidang-bidang lain cukup banyak yang membutuhkan penyesuaian bersama, antara gubernur, bupati dan walikota.

“Dalam rapat koordinasi ini akan lebih fokus pada penanganan kesehatan, pendidikan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, seperti stunting kematian bayi dan kematian ibu melahirkan, kesetaraan gender peningkatan lama rata-rata sekolah, serta materi lainnya,” ucapnya.

“Selain itu kita juga akan fokus pada pembahasan mengenai pemilihan kepala daerah pada tahun mendatang,” tambahnya lagi.

Dijelaskan Paman Birin, provinsi Kalimantan Selatan akan menggelar Pilkada serentak pada tahun 2020 mendatang, untuk tingkat Provinsi dan tujuh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan

“Kita ingin Kalimantan Selatan kembali mendapatkan predikat sebagai provinsi yang damai dan aman dalam penyelenggaraan pemilu seperti pemilu sebelumnya,” tandasnya.

Adapun pemateri dalam rapat koordinasi kepala daerah kali ini adalah Direktorat fasilitasi kepala daerah dan DPRD direktorat jenderal otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri, Muhammad Budi, dan Staf ahli menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak bidang penanggulangan kemiskinan titik Eko Rahayu. (ASC/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat