Barito KualaNewsProvinsi Kalsel

Pemprov Kalsel Terus Bersinergi Untuk Tingkatkan Cakupan Imunisasi

BATOLA – Rabu (9/10), Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala menyelenggarakan acara pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Dasar Lengkap dan Imunisasi Lanjutan Bersama Pemerintah Daerah Serta Lintas Program dan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Barito Kuala, bertempat di Aula Selidah Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Barito Kuala. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan M Muslim dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala Azizah Sri Widari.

Kepada Abdi Persada FM, disela acara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan M Muslim mengatakan, kegiatan yang terselenggara pada hari ini merupakan upaya untuk terus meningkatkan cakupan imunisasi di Kalimantan Selatan.

“Imunisasi bukan hanya menjadi tanggung jawab dan peran Dinas Kesehatan, karena itulah perlu acara semacam ini untuk mengkoordinasikan kegiatan imunisasi pada segala pihak yang terlibat, kegiatan ini juga bermaksud untuk terus bersinergi bersama agar mampu meningkatkan cakupan imunisasi di Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Barito Kuala,” jelasnya.

Muslim menambahkan semua pihak di segala sektor baik Camat, Lurah, Kepala Desa maupun TNI POLRI memiliki tanggungjawab yang sama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Sehingga anak-anak generasi muda kedepannya dapat menjadi generasi yang produktif, kuat dan sehat.

Seluruh Panitia acara saat berfoto bersama.

Sementara itu dalam Sambutannya Bupati Kabupaten Barito Kuala yang dibacakan oleh Asisten bidang Kemasyarakatan Kabupaten Barito Kuala Akhmad Mawarni menyampaikan, Pemerintah Daerah Barito Kuala menjadi salah satu yang menjalankan program pemerintah Pusat khususnya dari kementrian Kesehatan dan menjalankan amanat Undang-undang Nomor 35 tahun 2014.

“Program imunisasi adalah salah satu upaya mencapai Milenium development goal, dimana pemerintah berusaha menurunkan angka kematian bayi atau anak dan ibu melahirkan, meningkatkan angka harapan hidup serta kesehatan keluarga dan masyarakat masyarakat yang berdampak pada peningkatan produktifitas kerja,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati dalam sambutan juga mengharapkan, acara sosialisasi ini dapat menjadi titik awal dalam menyamakan persepsi serta pemahaman bagi seluruh peserta sekaligus merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala Azizah Sri Widari saat memberikan materi.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala Azizah Sri Widari mengatakan, adanya isu tentang imunisasi Measles dan Rubela pada tahun kemaren membuat masyarakat sensitif kepada yang namanya imunisasi sehingga capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Batola rendah hanya mencapai 48,1persen sampai bulan Agustus kemaren dan target sampai Agustus sebenarnya harus 62 persen.

“Salah satunya karena masih ada dampak isu MR tahun kemaren sehingga masyarakat sensitif dan pola pikirnya berubah dan merembet pada jenis imunisasi lain, padahal IDL ini sudah rutin dijalankan mulai dulu sekali,” ucap Azizah. (RAP/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat