NewsProvinsi Kalsel

Tunggu, Akhir Tahun 2019 Ada Penerimaan CPNS dan PPPK

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini.

Namun, sama halnya dengan daerah lain, Pemerintah daerah Kalimantan Selatan masih menunggu formasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), yang tak kunjung tiba hingga Minggu pertama di bulan Oktober ini.

“Rencananya di 2019 ini ada penerimaan CPNS, Tetapi penetapan formasi dari Kemenpan-RB ke provinsi itu Oktober,” ujar staf Sub Bidang Formasi dan Pengadaan pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalsel, Anastasya

Adapun yang ditunggu dari Kemenpan-RB ini dijelaskan Anastasya, adalah penetapan formasi CPNS berdasarkan yang diajukan oleh pemerintah daerah, serta petunjuk teknis pelaksanaan.

“Kita menunggu juknis dan penetapan, setelah itu baru di umumkan, perkiraan akan ada pengumuman di bulan November,” jelasnya.

Namun menurut Anastasya, hingga akhir tahun ini, hanya sampai batas proses administrasi penerimaan. Sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadwalkan berlangsung di awal 2020.

“Infonya akhir tahun ini, sampai seleksi administrasi. Sedangkan SKD Februari dan SKB-nya Maret,” bebernya.

Dalam penerimaan CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2019 ini, tenaga pengajar dan tenaga kesehatan masih akan menjadi prioritas, seperti pada penerimaan CPNS di tahun sebelumnya.

“Prioritas bidang, balik lagi seperti tahun dulu, guru dan kesehatan, kalau di tahun 2018 ada 328 formasi. 212 guru, 50 kesehatan dan 66 teknis lainnya. Tapi tahun ini belum tahu,” pungkasnya.

Dijelaskan Anastasya, penerimaan CPNS dan PPPK ini sebenarnya disarankan oleh Menpan RB, untuk menyusun sebanyak 70 persen PPPK, dan 30 persen untuk CPNS, sehingga prioritas adalah PPPK.

“Sebenarnya konsennya adalah PPPK, tetapi sepertinya akan terlebih dahulu CPNS, karena ketetapan formasi segera tiba, entah PPPK menyusul atau seperti apa masih belum tahu,” ungkapnya. (ASC/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat