BanjarbaruNewsProvinsi Kalsel

Anggota DPRD Kab/Kota di Kalsel Ikuti Orientasi Tugas

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Pengembangan Sumberdl Daya Manusia Daerah (BPSDMD), menggelar orientasi tugas untuk anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, bertempat di salah satu hotel di Banjarbaru, Senin (7/10) hingga Kamis (10/10).

Masa orientasi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang diwakili oleh asisten 1 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah.

Pentingnya masa orientasi ini menurut Siswansyah, guna memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi DPRD di kabupaten/kota.

“Fungsi legislasi yaitu produk hukum daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan itu mereka harus tahu itu, tiga fungsi itulah yang harus diketahui, nantinya akan bekerjasama dengan kepala daerah di masing-masing kabupaten kota,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia orientasi tugas DPRD kabupaten kota tahun 2019, Abdul Haris menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota DPRD kabupaten/kota se-kalimantan selatan, yang di bagi dalam 13 angkatan, dan di laksanakan selama 4 hari.

“Untuk kegiatan hari ini di ikuti oleh angkatan I hingga angkatan IV, dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang dari Tapin, 30 orang dari HSU, 35 orang Barito Kuala, 30 orang Tabalong,” jelasnya

Adapun materi dalam masa orientasi tugas dewan ini dikatakan Abdul Haris, diisi beberapa mata pelatihan, yaitu kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Fungsi, Tugas dan Wewenang serta Hak dan Kewajiban DPRD.

“Tenaga pengajar dari badan keuangan daerah, badan pengembangan dan pembangunan daerah kalimantan selatan, serta dari komisi pemberantasan korupsi (KPK),” ucapnya lagi. (ASC/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat