12 April 2021

Pemkab Batola Sigap Hadapi Angin Puting Beliung

2 min read

Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala Rahmadian Noor saat memberikan bantuan kepada salah satu korban yang terkena bencana angin puting beliung.

BARITO KUALA – Saat pergantian musim seperti sekarang ini bencana angin puting beliung banyak terjadi di Kabupaten Barito Kuala, sehingga membuat Pemerintah Daerah setempat tidak tinggal diam.

Wakil Bupati Barito Kuala Rahmadian Noor langsung datang ke lokasi kerusakan rumah warga di Kecamatan Anjir Muara dan Anjir Pasar pada Jum’at (4/10).
Ditemani Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah, dan Camat Anjir Pasar Muhammad Husaini serta jajaran forkopim Kecamatan dan kepala Desa setempat mengunjungi rumah korban puting beliung yang terjadi pada Kamis (3/10) lalu. Selain memberikan dukungan secara moral kepada warganya Rahmadian Noor juga memberikan langsung pada warga berupa paket bantuan. Paket bantuan berupa mie instan, bahan makanan pokok, air mineral serta terpal. Selain itu setiap rumah akan mendapatkan bantuan uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

“Setelah musim kemarau berlalu dan kesiap siagaan kita menghadapi karhutla dapat sedikit lega dengan datangnya musim penghujan. Kita harus tetap waspada dengan akibat pertemuan dua musim, salah satunya angin puting beliung ini,” jelas Rahmadi

Rahmadian Noor menambahkan bahwa semua pihak harus bersabar menghadapi musibah ini.

“Kita harus bersabar atas musibah ini, namun juga bersyukur karena tidak ada korban jiwa,” pungkas Rahmadi.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Barito Kuala Sumarno juga mengatakan bahwa jumlah korban atau KK yang terkena bencana angin puting beliung tersebut bisa saja bertambah karena keadaan saat ini.

Untuk diketahui bantuan yang diberikan berasal dari Dinas Sosial Kabupaten Barito Kuala dan BPBD Kabupaten Barito Kuala. Bantuan disebar kepada 38 kepala keluarga yang rumahnya terdampak bencana puting Beliung baik rusak ringan maupun berat di Kecamatan Anjir Muara dan Anjir Pasar. Pemerintah Kabupaten Barito Kuala melalui perangkat Desa dan Camat masih terus mendata korban yang terdampak. Sehingga angka tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk sementara korban terdampak ada 9 di Kecamatan Anjir Muara dan 28 di Anjir Pasar.
Penyaluran bantuan dibantu oleh Tagana Barito Kuala, tim BPBD Barito Kuala, perangkat desa serta organisasi kepemudaan AMPI Batola. Musibah bencana puting Beliung di Anjir Pasar dan Anjir Muara membuat jumlah rumah yang terdampak musibah angin puting beliung di Batola menjadi 48 rumah yang tersebar di Kecamatan Kuripan, Kecamatan Marabahan, Kecamatan Bakumpai, Kecamatan Anjir Pasar dan Anjir Muara.(RAP/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.