13 April 2021

Paman Birin Apresiasi Komitmen Anggota Dewan Perjuangkan Kepentingan Rakyat

2 min read

Empat Pimpinan DPRD Kalsel didampingi Gubernur Kalsel dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin usai diambil sumpah/janjinya.

BANJARMASIN – Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor berpesan agar Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel sebagai Wakil Rakyat untuk selalu menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Pesan itu disampaikannya dalam Rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan Definitif DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (30/9).

Ia menilai penting bagi setiap anggota dewan mengetahui, memahami dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

“Terlebih seperti halnya seorang seorang Kepala Daerah dimana anggota dewan telah dipilih oleh rakyat untuk menyuarakan dan memperjuangkan berbagai kepentingan rakyat,” katanya.

Menurut Paman Birin (sapaan akrab Gubernur), wakil rakyat tentu harus berbekal kepekaan yang tinggi terhadap dinamika yang terjadi di tengah masyarakat. Untuk itu, ia menyatakan sangat mengapresiasi komitmen anggota dewan untuk membuka dialog menerima aspirasi berbagai keluhan masyarakat seperti yang baru-baru ini terjadi ketika para mahasiswa menyuarakan aspirasinya di depan DPRD Kalsel, anggota dewan telah menunjukkan sikap kepemimpinan.

Paman Birin juga meminta agar anggota DPRD Kalsel selalu mengamati dan mempelajari dinamika sosial politik yang berkembang di daerah ini. Mengingat saat ini, saluran aspirasi masyarakat juga ikut berkembang seiring kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi.

“Untuk itu, baik pemprov dan dewan sebagai unsur pemerintahan harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan situasi dan perkembangan sosial masyarakat terkini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, empat pimpinan DPRD Kalsel yang diambil Sumpah/Janjinya berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor : 161.63-4356 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Pimpinan DPRD Kalsel 2019 – 2024 yakni Dr (HC) H Supian HK SH MH (Golkar) sebagai Ketua DPRD Kalsel dan ketiga Wakil Ketua DPRD Kalsel masing-masing Muhammad Syaripuddin (PDIP), Hj Mariana (Gerindra), dan Hj Karmila dari Partai Amanat Nasional (PAN). Adapun yang memandu pengucapan sumpah/janji tersebut yakni Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Yohannes Ether Binti. SH, M.Hum.

Acara ini selain dihadiri oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, dihadiri pula oleh 42 orang anggota dewan, sejumlah pejabat SKPD lingkup Pemprov serta Forkopimda Kalsel. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.