12 April 2021

Mahasiswa Perhutani ULM, Bantu Tangani Karhutla

2 min read

Mahasiswa Perhutani ULM (dua orang kaos coklat) saat bertemu Kapolda dan istri di lokasi pembasahan titik api Guntung Damar.

BANJARBARU – Meski saat ini mahasiswa di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan banyak turun ke jalan melakukan aksi demo, namun ada pula sebagian kecilnya yang justru memperlihatkan  aksi nyata. Yakni turut serta membantu memadamkan titik api di areal sekitar bandara Syamsudin Noor, tepatnya di Jalan Guntung Damar Landasan Ulin  Banjarbaru. Hal tersebut terlihat, saat Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Danlanal Banjarmasin, Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Rinny Yazid Fanani beserta Pengurus Bhayangkari Kalsel, melakukan pengecekan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) belum lama tadi.

Bhayangkari Polda Kalsel (berpakaian serba pink) saat turut serta memadamkan titik api di Guntung Damar.

Salah seorang mahasiswi Perhutani Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang dijumpai di lokasi  menuturkan, meski saat ini rekan-rekan mereka turun ke jalan melakukan aksi demo, namun hal tersebut tidak menyurutkan niatnya dan rekan yang lain, untuk membantu para petugas Tim Satgas Karhutla, memadamkan kebakaran lahan.

“Ya kami ikut lah. Ikut juga padamkan, ternyata susah juga,” ucap salah seorang mahasiswi Perhutani ULM yang ikut membantu memadamkan api, bersama para personil Polda Kalsel yang terlibat Ops Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019, dan personil Manggala Agni.

TNI dan Polisi yang bekerjasama melakukan pembasahan lahan gambut Guntung Damar.

Untuk menyudahi peristiwa tahunan ini, Ia meminta aparat penegak hukum bertindak tegas kepada pelaku Karhutla, baik perseorangan maupun korporasi.

“Jangan sampai karhutla makin membesar. Karena itu sanksi tegas harus ditegakkan bagi pelaku pembakaran. Sehingga kejadian ini tidak terus berulang setiap musim kemarau tiba,” harapnya.

Lebih lanjut mahasiswi Perhutani ULM ini menuturkan, bahwa Ia dan rekan-rekannya akan berupaya melakukan pencegahan agar kebakaran tidak merembet ke lokasi-lokasi lain, baik di lahan gambut maupun di hutan, apalagi sudah masuk ke wilayah permukiman. (HUMASPOLDAKALSEL/RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.