15 April 2021

Ribuan Mahasiswa Kalsel Bersatu Tolak RUU KUHP

1 min read

Suasana aksi demo Mahasiswa di depan gedung DPRD Kalsel Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

BANJARMASIN – Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa se Kalsel mendatangi kantor DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (26/9). Aksi mereka terkait penolakan terhadap sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) diantaranya RUU KUHP, RUU Minerba dan RUU Pertanahan.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa yang mengenakan jaket almamater kampusnya masing-masing membawa berbagai spanduk maupun poster yang berisi tulisan-tulisan sindiran kepada Pemerintah dan DPR RI. Semula aksi berjalan kondusif. Namun kemudian terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa dengan kepolisian karena mahasiswa tidak diizinkan masuk ke gedung dewan. Setelah suasana panas mulai mereda, Anggota Dewan kembali menemui para mahasiswa untuk mendengarkan langsung tuntutan mereka.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin menyatakan pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswa terkait penolakan lima RUU tersebut.

“Kami secara langsung akan menyampaikan tuntutan para mahasiswa tersebut ke Pemerintah Pusat dan DPR RI di Jakarta,” katanya.

Aksi mahasiswa yang berlangsung lebih dari empat jam tersebut diakhiri dengan penandatanganan pernyataan sikap antara perwakilan mahasiswa dan anggota dewan. Mahasiswa juga memberikan waktu tiga kali 24 jam kepada Anggota Dewan untuk menyelesaikan tuntutan mereka. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.