NewsProvinsi Kalsel

Hingga September, 6.800 Unit Rumah Bersubsidi Terbangun di Kalsel

BANJARMASIN – Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), saat ini sudah tidak sulit lagi untuk mendapatkan rumah atau hunian sebagai tempat tinggal bagi keluarganya. Tidak lain melalui program subsidi uang muka, yang diberikan pemerintah untuk memudahkan MBR menyicil rumah yang mereka inginkan. Apalagi saat ini, ada dua pilihan subsidi yang dapat diambil MBR. Yakni FLPP untuk MBR berpenghasilan 4 juta rupiah per bulan, dengan fasilitas bunga 5 persen flat selama 20 tahun. Subsidi lainnya adalah BP2PT bagi MBR berpenghasilan hingga 6,5 juta rupiah per bulan. Khusus di provinsi Kalimantan Selatan, rumah bersubsidi yang sudah terbangun hingga September ini mencapai 6.800 unit, tersebar di 13 kabupaten/kota.

Menurut ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Kalsel Royzali Syahril, rumah bersubsidi ini umumnya dibanderol dengan harga 150-300 juta rupiah per unit. Dimana subsidi yang diberikan, adalah untuk uang muka pembelian rumah. Mulai 20 hingga 30 juta rupiah.

“Kita sebenarnya menargetkan pembangunan rumah bersubsidi sebanyak 10.000 unit tahun ini. Namun karena kuota yang tersedia dari pemerintah sudah habis, maka dalam 2 bulan terakhir ini tidak ada pembangunan. Rencananya pemerintah akan menambah kuota rumah subsidi hingga 20.000 unit tahun ini, tapi kita tunggu saja,” jelasnya kepada wartawan yang menemuinya saat pembukaan REI Expo 2019 di Banjarmasin.

Salah satu cara pengembang untuk memasarkan rumah bersubsidi kepada masyarakat di Kalimantan Selatan, adalah dengan rutin menggelar pameran perumahan. Tahun ini acara itu digelar mulai 25-29 September 2019 di pusat perbelanjaan terbesar di Banjarmasin, bertajuk REI Expo tahun 2019. Tahun ini adalah pelaksanan pameran yang ke-15 kalinya, dan diikuti 37 pengembang perumahan lokal dan pulau Jawa. Even tahunan ini, digadang-gadang dapat membukukan transaksi hingga 50 miliar rupiah, atau naik 10 miliar rupiah dibanding pameran tahun sebelumnya. (RIW/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat