13 April 2021

DPRD Kalsel: Penyuluhan Karhutla Harus Terus Menerus

1 min read

Anggota DPRD Kalsel, Karlie Hanafi Kalianda.

BANJARMASIN – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta agar dinas-dinas terkait melakukan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara terus menerus dan lebih intensif lagi. Permintaan itu disampaikan, Anggota DPRD Kalsel Karlie Hanafi Kalianda kepada wartawan.

Terkait pemberitaan mengenai kasus pembakaran lahan persawahan di Batola, beberapa waktu lalu, Politisi Golkar tersebut berkeyakinan pembakaran lahan persawahan oleh warga Batola tersebut karena faktor kelalaian bahwa ada peraturan yang melarang hal tersebut dan bila melanggar bisa kena sanksi. Pasalnya, menurut Karlie, belum tentu semua warga masyarakat mengetahui terkait peraturan perundang-undangan tentang Karhutla.

“Harus dilihat terlebih dahulu apakah masyarakatnya mengetahui informasi larangan tersebut atau tidak karena jaraknya jauh dari perkotaan. Oleh karena itu perlu diingatkan secara terus-menerus melalui penyuluhan rutin dan berkesinambungan agar pembakaran lahan tidak terulang kembali terjadi,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel tersebut juga berharap sanksi terhadap mereka yang lalai sehingga menimbulkan kebakaran lahan mungkin sifatnya cukup pembinaan atau tidak perlu terlalu berat. Apalagi pembakar itu rakyat kecil dan lahan yang dia bakar milik sendiri serta kebakarannya tidak merembet ke lahan orang lain. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.