13 April 2021

Lagi, Kalsel Jadi Penyelamat PWI

2 min read

ketua PWI Pusat saat memberikan keterangan kepada wartawan di Banjarmasin.

BANJARMASIN – Tahun ini provinsi Kalimantan Selatan kebanjiran orderan sebagai tuan rumah even nasional. Bahkan waktu pelaksanaannya berdekatan satu dengan lainnya. Diantaranya peringatan Hari Penyiaran Nasional di awal Agustus, Hari Keluarga Nasional pada akhir Agustus, yang disambung dengan peringatan Hari Olahraga Nasional pada awal September, dan yang baru saja berakhir adalah even Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental. Dimana seluruh acara tersebut, dihadiri jajaran menteri kabinet kerja, mulai dari menko Polhukam Wiranto, menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo dan menpan RB Syafruddin. Seluruhnya berjalan dengan lancar, dan sebagai tuan rumah Kalimantan Selatan mendapat pujian karena dianggap berhasil menjadi tuan rumah yang baik. Dan ternyata, orderan menjadi tuan rumah even nasional ini terus berlanjut pada tahun 2020 nanti. Salah satunya adalah puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada awal Februari 2020.

Terkait hal ini, maka ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari melakukan kunjungan langsung ke Banjarmasin, didampingi dewan penasehat PWI Ilham Bintang, untuk bertemu langsung dengan gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Selain untuk bersilaturahmi, ternyata kedatangan Atal juga dengan maksud menyampaikan rasa terima kasih kepada Paman Birin (sapaan khas gubernur Kalsel), karena telah bersedia menjadi tuan rumah HPN 2020.

“Kalsel ini bisa dibilang adalah penyelamat PWI. Mereka selalu siap jika kami memerlukan bantuan. Salah satunya untuk HPN 2020, yang seharusnya digelar di Sumatera Utara, sesuai dengan proposal yang sudah diajukan provinsi itu pada peringatan HPN di Surabaya tahun ini. Namun ternyata jelang hari H, tepatnya pada pertengahan tahun ini, provinsi Sumut mengaku tidak siap menjadi tuan rumah,” jelasnya kepada wartawan di Banjarmasin baru-baru ini.

Masih menurut Atal, sangat sulit bagi pihaknya untuk mencari daerah pengganti pelaksanaan HPN, mengingat sempitnya waktu persiapan yang tersedia. Namun PWI Pusat teringat akan provinsi Kalsel, yang pada tahun 2013 lalu, juga pernah ditunjuk secara dadakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS), dan sukses dalam penyelenggaraannya.

“Kita coba hubungi Kalsel, dan ternyata mereka siap menjadi tuan rumah. Bahkan Kalsel juga menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah PORWANAS menggantikan Papua yang saat ini kondisi keamanannya kurang kondusif. Namun kami hanya meminta HPN saja, sedangkan PORWANAS akan dipindah ke daerah lain. Saat ini ada dua kandidat yang mengajukan diri, yakni Jawa Timur dan Bengkulu,” ujarnya.

Sementara itu, gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku senang, dapat membantu PWI Pusat untuk menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional tahun 2020 nanti. Ini membuktikan bahwa di mata pemerintah pusat, Kalsel sudah mendapat kepercayaan tinggi sebagai daerah penyelenggara even bertaraf nasional.

“Kalsel ini kepanjangannya tidak hanya Kalimantan Selatan, tetapi juga Kalian Selamat. Kalsel siap menjadi penyelamat pelaksanaan HPN tahun depan. Karena semakin banyak even nasional digelar, maka juga akan berdampak positif bagi roda perekonomian di Kalsel,” tutupnya. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.