18 April 2021

Alami Bencana Yang Sama, Kalsel Tetap Bantu Kalteng Padamkan Karhutla

2 min read

Gubernur Kalsel (tengah topi coklat) saat melepas bantuan mobil tangki untuk Kalteng.

BANJARMASIN – Petuah lama mengatakan, berbuat baiklah dengan tetanggamu, karena merekalah orang pertama yang menolong saat diperlukan. Petuah ini bukanlah kata mutiara semata, namun memang begitulah faktanya. Tetangga menjadi orang pertama yang dapat dimintai bantuan, saat keluarga jauh dari jangkauan. Petuah ini pula yang dijalankan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, saat menerima telpon dari menteri lingkungan hidup dan kehutanan Siti Nurbaya. Dimana secara khusus, menteri meminta Kalimantan Selatan memberi bantuan kepada provinsi Kalimantan Tengah. Mengingat saat ini, provinsi tersebut kekurangan sarana mobil pengangkut air, dengan kapasitas besar, yang dapat mempermudah proses pemadaman titik api di lahan gambut.

“Sebagai tetangga, tentunya kita harus memberikan bantuan sesuai kemampuan yang kita miliki. Apalagi ini permintaan langsung dari menteri dan juga gubernur Kalteng. Kebetulan Kalteng meminta bantuan mobil tangki kapasitas besar, dan kita punya, maka kita pinjamkan beserta 10 petugas BPBD terbaik untuk diperbantukan di sana,” jelas Paman Birin (sapaan khas gubernur Kalsel) kepada wartawan.

Lebih lanjut gubernur mengatakan, para petugas dan fasilitas mobil tangki yang diperbantukan ke Kalteng tersebut, akan bertugas sesuai instruksi gubernur Kalteng.

“Termasuk soal penempatan dan lamanya jangka waktu bantuan diperlukan. Karena itu saya minta para petugas yang dikirim ke Kalteng untuk bersungguh-sungguh menjalankan tugas perbantuan ini. Saya juga berpesan agar selama bertugas mereka tetap menjaga kesehatan dan keselamatan diri, agar dapat kembali pulang ke rumah berkumpul dengan keluarganya masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, menurut kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyuddin, pemberian bantuan ini tidak akan mengganggu kegiatan pemadaman dan pembahasan di wilayah Kalimantan Selatan, yang saat ini juga tengah dihadapkan bencana karhutla yang sama dengan Kalimantan Tengah.

“Saat ini kita memiliki dua mobil tangki kapasitas besar, yakni hingga 20.000 liter. Satu sudah dimaksimalkan penggunaannya untuk pembasahan di kawasan Guntung Damar Banjarbaru.Dan yang satunya dapat kita pinjamkan ke Kalteng, bersama satu mobil tangki kapasitas 5.000 liter. Selain itu, titik api di Kalsel saat itu relatif sudah dapat diatasi,” tutupnya. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.