13 April 2021

Kalsel Segera Miliki Poltek Peternakan

2 min read

Anggota DPRD Kalsel, Imam Suprastowo.

BANJARMASIN – Provinsi Kalimantan Selatan akan segera memiliki Poltek Peternakan yang rencananya dibangun di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, berdampingan dengan Sekolah Pembangunan Pertanian – Sekolah Peternakan Menengah Atas (SPP-SNAKMA) Pelaihari.

Anggota DPRD Kalsel, Imam Suprastowo mengatakan keberadaan Poltek Peternakan ini agar ada kesinambungan dari SPP-SNAKMA dan memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang peternakan. Apalagi rencana pembangunan Poltek Peternakan ini sudah dikonsultasikan ke Kementerian Pertanian, khususnya Pusat Pendidikan, Badan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian Kementan, mengingat keberadaan SPP-SNAKMA tidak berkembang dan mengalami kesulitan.

“Ini sudah dilakukan Komisi II DPRD Kalsel periode sebelumnya, dan mendapatkan dukungan pusat, sehingga diharapkan bisa direalisasikan pada 2020 mendatang,’’ ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Bahkan, Kementan melalui Pusat Pendidikan, Badan SDM Pertanian dapat menyetujui rencana mendirikan Poltek Peternakan Pelaihari.

“Dengan berdirinya Poltek Peternakan tersebut, kami berharap peternak di Kalsel terbantu untuk mendapatkan bimbingan dan penyuluhan dari tenaga ahli serta berpendidikan tinggi bidang peternakan,’’ jelasnya.

Menurut Imam, lokasi Poltek dipilih berdampingan dengan SPP-SNAKMA yang memiliki areal lahan sekitar 79 hektar sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan Poltek Peternakan. Apalagi Kabupaten Tanah Laut merupakan sentra usaha peternakan di Kalsel, bersama Kabupaten Barito Kuala.

Imam menambahkan, sebenarnya produksi peternakan di Kalsel sudah melebihi kebutuhan masyarakat, terutama unggas dan sapi, namun karena keberadaan daerah ini sebagai penyangga daging, maka perternakan masih perlu dikembangkan lagi.

“Kalsel merupakan penyangga kebutuhan daging untuk wilayah Kalteng dan Kaltim, sehingga potensi peternakan harus dikembangkan lagi,’’ tegas Imam.

Untuk itulah diperlukan tenaga terampil yang bisa mendukung peningkatan ternak ini, terutama sapi agar kebutuhan daging bisa terpenuhi.

“Apalagi ibukota Negara dipindahkan ke Kaltim, maka produksi daging perlu ditingkatkan lagi,’’ jelasnya.

Ia menambahkan langkah strategis selanjutnya bagi Pemerintah Provinsi Kalsel adalah perlu membentuk Tim khusus yang fokus untuk percepatan persiapan pembangunan Politeknik tersebut.

“Karena ini melibatkan lebih dari satu Kementrian, termasuk Kementrian Pertanian dan Kementrian Pendidikan, supaya koordinasi bisa cepat harus dibentuk Tim. Karena kalau cuma Anggota Dewan akan sulit hanya fokus pada persiapan itu saja,” kata Imam. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.