13 April 2021

Ini Tanggapan Legislatif, Pengamat dan Warga Kalsel Soal Revisi UU PAS

2 min read

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Asbullah.

BANJARBARU – Adanya wacana Dewan Perwakilan Rakyat RI bersama Pemerintah merevisi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (UU PAS) ditanggapi serius baik kalangan legislatif, pengamat hukum hingga masyarakat.

Ada pasal yang dianggap meringankan sanksi bagi narapidana dalam menjalankan masa tahanan. Diantaranya, pasal 9 dan 10 revisi UU PAS yang memberi hak rekreasi dan cuti bersyarat kepada napi. Hak cuti Napi bersyarat itu bisa dipergunakan napi untuk keluar lapas dengan syarat harus diikuti oleh petugas kemana pun.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Asbullah di program Topik Kita Hari Ini (TKHI) edisi Selasa 24 September melalui sambungan telepon mengatakan, wacana revisi Undang Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, ada pasal dianggap meringankan sanksi bagi narapidana dalam menjalankan masa tahanan, melalui pasal 9 dan 10 revisi  yang memberi hak cuti bersyarat kepada Napi, “Secara pribadi saya tidak setuju, karena para narapidana selama ini sudah mendapat remisi dengan cara cukup berkelakuan baik akan mempercepat masa hukuman. Meski Napi cuti diikuti oleh petugas, tetap akan memberikan stigma negatif di masyarakat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan pengamat hukum Munajah yang menilai, adanya cuti bagi Narapidana akan melemahkan hukum di negara Indonesia, karena akan menjadi kenyamanan bagi pelaku kejahatan, yang seharusnya menerima hukuman sebagai efek jera.

“Kalau disahkan cuti bagi Napi, otomatis akan melegalkan mereka untuk kemana saja,” katanya.

Sementara itu salah satu warga Handil Bakti Nasrullah mengatakan, saat ini saja, sebagian Napi pengedar narkoba di dalam penjara sering kali bisa mengedarkan barang haram, apalagi kalau sekedar alasan untuk cuti, begitupun para koruptur tidak ada merasa malu kepada masyarakat, kalau dibolehkan cuti.

“Dikhawatirkan dengan adanya cuti, para Napi menganggap penjara hanya sekedar Villa untuk beristirahat,” ucapnya. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.