12 April 2021

Kepala BNPB: Lahan Gambut Seperti Bahan Bakar

2 min read

Foto bersama satuan tugas penanggulangan karhutla provinsi Kalimantan Selatan bersama kepala BNPB.

BANJARBARU – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, pimpin rapat koordinasi satuan tugas, penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan, Kamis (19/9) malam, di ruang rapat Aberani Sulaiman Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris Makkie, Danrem 101 Antasari Mochammad Syech Ismed, perwakilan dari Kapolda Kalimantan Selatan, kepala pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Badan Restorasi Gambut, serta pihak terkait lainnya yang tergabung dalam satuan tugas penanggulangan karhutla.

Dalam paparannya Kepala BNPB, Doni Monardo mengatakan, penanggulangan karhutla ini cara yang paling efektif adalah dengan pencegahan, karena hutan atau lahan yang sudah terbakar, akan sangat sulit di padamkan terutama pada lahan gambut.

“Lahan gambut ini seperti fosil batubara muda, yang apabila terbakar, maka akan seperti bahan bakar yang sulit bahkan tidak bisa di padamkan,” paparnya.

Ditambahkan Doni Monardo, kebakaran lahan gambut ini hanya akan bisa padam saat musim penghujan datang, sehingga pihaknya sejak awal bertekad melakukan upaya pencegahan terhadap terjadinya karhutla ini.

“Sejak awal sudah diingatkan untuk melakukan pencegahan, namun karena sudah terjadi, yang kita lakukan saat ini bukan saling mengalahkan, tetapi melakukan upaya maksimal dalam penanggulangan hingga datangnya musim hujan, dengan cara melakukan modifikasi cuaca,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie, menyampaikan, bahwa fokus penanggulangan karhutla di Kalimantan Selatan saat ini ada di wilayah seputaran bandara, agar aktifitas penerbangan tidak sampai terganggu.

Bahkan dikatakan Abdul Haris, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor ikut turun siang dan malam dalam melakukan penanggulangan karhutla ini.

“Gubernur bersama jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dibantu unsur TNI-Polri secara intensif siang dan malam melakukan upaya penanganan karhutla di seputaran bandara ini,” terangnya. (ASC/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.