13 April 2021

2020, BRT Banjarbakula Tambah Unit dan Koridor

2 min read

Suasana di dalam BRT Banjarbakula.

BANJARMASIN – Kebutuhan akan moda transportasi yang murah dan nyaman, ternyata masih menjadi salah satu keinginan warga perkotaan, seperti Banjarmasin dan Banjarbaru. Terbukti, kehadiran Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula sejak awal tahun 2019 tadi, langsung menjadi serbuan masyarakat. Apalagi penumpang tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Bahkan saat dinas perhubungan provinsi Kalimantan Selatan akhirnya memberlakukan tarif sejak pertengahan Agustus 2019 lalu, penggunanya bukan berkurang justru malah bertambah. Terutama di akhir pekan, seluruh jadwal keberangkatan BRT baik dari kota Banjarmasin menuju Banjarbaru atau sebaliknya, selalu disesaki penumpang. Kondisi ini tentunya membuat masyarakat berharap, agar ada tambahan armada BRT yang beroperasi, dengan tujuan agar seluruh penumpang dapat terlayani.

Terkait hal ini, kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan Rusdiansyah menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan tambahan BRT sebanyak 20 unit ke kementrian perhubungan. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada tanggapan terkait permintaan tersebut. Solusinya, pihaknya pun akhirnya mengusulkan penambahan unit melalui APBD pemerintah provinsi Kalsel.

“Akhir tahun ini akan ada tambahan satu unit BRT dengan anggaran APBD Perubahan tahun 2019. Selanjutnya kami juga akan mengusulkan 3 tambahan unit lagi pada tahun 2020, masih melalui APBD provinsi. Jika semuanya disetujui, maka total ada 9 unit BRT, ditambah dengan 5 unit yang ada saat ini,” jelasnya.

Bahkan menurut Rusdiansyah, jika memungkinkan, pihaknya pun akan menambah koridor pelayanan BRT dengan jumlah unit yang lebih banyak tersebut.

“Saat ini kita baru melayani satu koridor, dengan tujuan Banjarmasin-Banjarbaru dan sebaliknya Banjarbaru-Banjarmasin. Kita harapkan tahun depan akan ada tambahan satu koridor lagi, kemungkinan ke kabupaten Banjar, atau ke daerah lain yang masuk kota metropolitab Banjarbakula sesuai permintaan masyarakat,” ujarnya.

Saat ini 5 unit BRT Banjarbakula dioptimalkan melayani penumpang sejak pagi hingga malam hari, dengan tujuan Banjarmasin-Banjarbaru dan Banjarbaru-Banjarmasin. Pada pagi hari di Banjarmasin, keberangkatan dimulai sejak pukul 06.30 dan 07.00 WITA pada Senin-Kamis. Sedangkan pada Jum’at ada tambahan waktu keberangkatan pada pukul 08.30, 09.00 dan 10.30. Sementara pada akhir pekan Sabtu-Minggu, keberangkatan pagi dari halte Siring 0 Kilometer Banjarmasin, dimulai pada pukul 08.00, 08.30 dan 10.00 WITA. Kemudian berlanjut keberangkatan pada siang hari pada pukul 11.30, 12.00 dan 15.00 WITA. Untuk pelayanan sore hari dimulai pada pukul 16.00, 17.00 dan berakhir pada 19.00 WITA. Jadwal yang sama juga berlaku untuk tujuan Banjarbaru-Banjarmasin, dengan tambahan waktu keberangkatan pagi pukul 08.30 WITA pada Senin-Kamis. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.