15 April 2021

Warga Meminta Hujan Buatan Segera Dilakukan

2 min read

Kabut asap yang terjadi pada pagi hari di salah satu kawasan Banjarbaru.

BANJARMASIN – Kabut asap yang semakin tebal melanda beberapa wilayah di Provinsi Kalsel, dalam dua hari terakhir ini. Oleh karena itulah, warga minta pemerintah segera melakukan  hujan buatan. Seperti yang disampaikan salah satu warga Kota Banjarmasin Mega, melalui Radio Abdi Persada FM pada program Topik Kita Hari Ini  (TKHI) edisi Kamis (12/9).

Mega menyampaikan, saat ini kabut asap yang melanda Kota Banjarmasin sudah sangat pekat, oleh karena itulah mereka meminta pemerintah untuk melakukan tindakan pengurangan kabut asap yang kian menebal.

“Kabut asap yang terjadi dalam dua hari terakhir ini, sudah sangat mengganggu kesehatan warga,” ucap Mega.

Karena itu, lanjut Mega, pihaknya berharap hujan buatan segera dilakukan oleh pemerintah.

Hal senada juga dikatakan warga Sungai Lulut, Kabupaten Banjar Adah. Ia mengatakan, kabut asap yang terjadi di kawasan mereka tinggal, sudah memasuki ke dalam rumah meski pintu dan jendela tertutup.

“Selain itu kabut asap yang terjadi di pagi hari juga membuat anak-anak ke sekolah menjadi terganggu,” ujar Adah.

Hal ini menurut Adah, dapat membuat batuk dan sesak nafas. Oleh karena itulah, hujan buatan dinilai penting oleh warga.

Menanggapi permintaan warga tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan Wahyudin menyampaikan, pemerintah saat ini sudah memiliki rencana, untuk melakukan hujan buatan di beberapa titik api yang menjadi penyebab kabut asap di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Hujan buatan tersebut, akan dilakukan pada akhir bulan mendatang,” ungkapnya.

Mengingat, lanjut Wahyudin, untuk membuat hujan buatan tersebut, pihaknya memerlukan awan. Dan, berdasarkan prakiraan BMKG, awan akan terjadi pada akhir bulan tersebut.

Wahyudin mengatakan, saat ini hujan buatan tidak bisa dilakukan, karena tidak ada awan atau dengan kata lain, langit tidak berawan. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.