BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Tinjau Korban Kebakaran Alalak Selatan, Paman Birin Sumbangkan Dana Pribadinya

BANJARMASIN – Rabu siang (11/9) sekitar jam 12.00 WITA, suhu udara di kota Banjarmasin terasa terik menyengat kulit, namun tidak menyurutkan langkah gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendatangi kawasan Alalak Selatan Banjarmasin Selatan, untuk melihat secara langsung ratusan warga di sana, yang menjadi korban musibah kebakaran pada Selasa dinihari (10/9). Tanda-tanda bekas kebakaran besar masih terlihat jelas, ketika Paman Birin (sapaan khas gubernur Kalsel) mendatangi lokasi.  Ditemani sejumlah pejabat dari dinas terkait, Paman Birin menyimak secara seksama penjelasan warga soal insiden kebakaran, yang menghanguskan sebanyak 64 bangunan rumah warga di lokasi yang sempit dan padat pemukiman tersebut.

Gubernur Kalsel saat meninjau lokasi kebakaran di Alalak Selatan Banjarmasin Selatan pada Rabu siang (11/9).

Usai meninjau lokasi dan mendatangi para korban kebakaran, kepada wartawan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan rasa bela sungkawa atas musibah yang menimpa 81 kepala keluarga di kawasan Alalak Selatan. Ia berharap, warga yang menjadi korban dapat dengan sabar menerima ujian ini.

“Semoga melalui ujian ini, Allah memberikan rezeki yang lebih berlimpah kepada para korban, asalkan sabar. Tentunya kami juga berharap, warga tetap semangat menjalani hidup kedepannya dan tidak berputus asa karena musibah ini,” kata Paman Birin yang diamini oleh warga yang berkerumun disekitar lokasi peninjauan.

Gubernur Kalsel saat meninjau lokasi kebakaran di Alalak Selatan Banjarmasin Selatan pada Rabu siang (11/9).

Demi melihat kondisi puluhan kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggalnya itu, Paman Birin pun tergerak memberikan sumbangan dari dari pribadinya. Masing-masing kepala keluarga yang menjadi korban, mendapatkan santunan berupa uang sebesar 500.000 rupiah.

“Semoga bantuan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari warga. Dan saya juga mewakili pemerintah provinsi Kalsel menyerahkan sejumlah bantuan berupa barang kepada para korban. Diantaranya tadi makanan, air mineral, terpal, selimut, makanan bayi, perlengkapan bayi dan juga pakaian dewasa,” jelasnya.

Gubernur Kalsel saat meninjau lokasi kebakaran di Alalak Selatan Banjarmasin Selatan pada Rabu siang (11/9).

Sekitar 1 jam lamanya, Paman Birin berada di lokasi kebakaran, sembari menampung aspirasi serta harapan para korban pasca musibah. Ada yang berharap pemerintah membuat saluran air khusus untuk kebutuhan pemadam kebakaran, mengingat kawasan ini rawan terhadap musibah kebakaran pemukiman, terutama pada musim kemarau. Masukan dari korban ini, langsung disampaikan Paman Birin kepada para pejabat yang mengikuti, dengan harapan nantinya dapat segera ditindaklanjuti. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat