15 April 2021

Bangun Taman Refugia Untuk Bebaskan Sawah Dari Penyakit dan Hama

1 min read

Proses pembuatan bibit bunga untuk taman refogia.

BARITO KUALA – Di Desa Rasau Kecamatan Cerbon ada titik persawahan yang di bangun taman Refugia, taman refugia merupakan taman yang terdiri dari bercam jenis bunga untuk menjadi pengalih perhatian hama dan penyakit yang ingin hinggap di tanaman padi.

Sugiannur saat melakukan perawatan untuk buah melon.

Kepada Abdi Persada FM, salah seorang petani inovatif yang membangun taman Refogia Sugiannur mengatakan, adanya taman tersebut bisa mengurangi dan mencegah terserangnya tanaman padi dan yang lain dari penyakit serta hama.

“Dengan adanya taman ini penyakit dan hama bisa dicegah, kemaren pun ada daerah yang terserang tungro namun di sini bisa diatasi karena ada taman refugia yang mengalihkan penyakit serta hama, begitu juga dengan melon yang kami tanam hasilnya baik dan memuaskan,” ucapnya.

Sugiannur juga berterimakasih kepada seluruh SKPD terkait yang telah membantu pihaknya untuk menjalankan hal tersebut.

Sugiannur saat menata taman.

Menurut Sugiannur pula, dengan adanya taman Refugia tersebut juga bisa menambah penghasilannya dari pengunjung yang berfoto dan berselfie.

“Di sini juga menambah penghasilan, pengunjung yang berfoto di taman dikenakan biaya Rp 5.000, jadi ini juga bisa sebagai lokasi agrowisata,” ucap Sugiannor. (TR01/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.