12 April 2021

Anggota DPRD Kalsel 2019-2024 Ucap Sumpah Janji Jabatan

3 min read

Suasana Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kalsel Masa Bakti 2019-2024.

BANJARMASIN – Sebanyak 55 orang anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan terpilih periode 2019-2024 melaksanakan sumpah janji jabatan, Senin (9/9). Prosesi pelantikan dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Yohannes Ether Binti, SH, MHum di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara berlangsung dengan cukup meriah. Sebelum prosesi dimulai terlebih dahulu ditampilkan Tarian Kembang Setaman yang dibawakan oleh tiga orang siswi SMK Negeri 4 Banjarmasin. Kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bergerak ciptaan Paman Birin.

Prosesi akhirnya diawali sambutan Ketua DPRD Kalsel periode 2014-2019 Burhanuddin, dalam sambutannya menyampaikan apa yang telah dicapai dalam menjalankan tugas dan fungsi DPRD selama 2014-2019, diantaranya fungsi legislasi.

“Selama periode Tahun 2014-2019 DPRD Provinsi Kalimantan Selatan bersama eksekutif telah membuat sebanyak 106 Buah Peraturan Daerah yang terdiri dari 20 Buah Peraturan Daerah yang berasal dari Inisiatif DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dan 86 Buah Peraturan Daerah yang berasal dari Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Selain itu, Burhanuddin juga berpesan kepada rekannya yang tidak terpilih kembali untuk terus melanjutkan pengabdian dalam memajukan Banua.

“Kepada rekan-rekan, dangsanak kami barataan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan masa jabatan Tahun 2014-2019, kami mohonkan tetap terus memberikan pengabdiannya. DPRD bukan satu-satunya wadah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan Banua yang kita cintai ini. Jika kita masih belum diberi kesempatan untuk menjadi yang terdepan, jadilah pendorong yang terbaik,” katanya.

Usai sambutan Ketua Dewan dilanjutkan pembacaan SK Mendagri Pemberhentian Anggota Dewan lama periode 2014-2019 dan SK Mendagri Pengangkatan dan Pelantikan anggota dewan 2019-2024 oleh Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel, Muhammad Jaini.

Setelah pembacaan SK tersebut, satu per satu dari 55 orang anggota dewan terpilih dipanggil untuk diambil sumpah/janji, diawali dari Partai Golkar sebagai pemenang pemilu, dilanjutkan PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PKS, PKB, Partai NasDem, PPP, Partai Demokrat, Hanura.

Selanjutnya Sekwan menyampaikan bahwa Ketua Sementara DPRD Kalsel Supian HK dan Wakil Ketua Sementara DPRD Kalsel Syafruddin. Kemudian dilakukan penyerahan palu sidang dari Burhanuddin kepada Supian HK beserta buku memori dewan yang diserahkan Muhaimin kepada Syafruddin.

Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Supian HK dalam sambutannya mengajak seluruh pihak memberikan yang terbaik bagi banua Kalimantan Selatan walaupun ditempuh dengan segala hambatan dan rintangan melihat kondisi masyarakat, yang terus berkembang dinamis baik sosial maupun ekonomi.

“Insya Allah seberat apapun masalah selalu ada solusi Kami yakin saat kita semangat kebersamaan untuk dapat menyelesaikannya saat itu pula semua tantangan kita akan lewati, yang belum selesai kami lanjutkan yang telah dicapai kita tingkatkan. Mari kita kompak mengayuh perahu bernama Kalimantan Selatan dengan tujuan mewujudkan Kalimantan Selatan yang mandiri dan terdepan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD Kalsel periode 2019-2024.

Dalam sambutannya, Gubernur mengharapkan pentingnya koordinasi yang terjalin antara DPRD dengan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama melaksanakan pembangunan dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

“Kerjasama dan komunikasi antara lembaga eksekutif dan legislatif di daerah hendaknya dapat dijaga, terutama untuk mencapai sasaran-sasaran pembangunan yang telah dituangkan dalam rencana pembangunan yang telah disepakati bersama. Baik pemerintah daerah maupun DPRD harus bergerak secara simultan, mencari langkah-langkah terbaik, melakukan berbagai inovasi, agar percepatan pembangunan dan kemajuan daerah ini bisa berjalan lebih pesat,” katanya.

Acara ditutup dengan doa, foto bersama dan pemberian ucapan selamat. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.