13 April 2021

Tanam Plasma Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Batola

2 min read

Ketua DPRD Batola (baju hitam) bersama unsur forkopimda saat menanam sawit).

BARITO KUALA – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala bersama PT Palmina Utama, Rabu (4/9) pagi melakukan tanam perdana kebun plasma kelapa sawit. PT Palmina Utama-KSU Kencana Makmur di lahan seluas 428 hektare di desa Jejangkit Timur, Kecamatan Jejangkit.

Wakil Bupati Batola (acung tangan dua jempol) bersama para pimpinan perusahaan dan unsur forkopimda Batola saat menanam sawit.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala Rahmadian Noor, Ketua DPRD Batola Saleh, Camat Jejangkit Mujiburahan, dan Kuasa Direktur PT Palmina Utama Roby Aliansyah didampingi Benie Subagyo Manager PT Palmina Utama serta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Barito Kuala.

Kepada Abdi Persada FM Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala Rahmadian Noor mengatakan, kehadiran PT Palmina Utama ini menjadi salah satu perusahaan perkebunan sawit untuk membantu pembangunan di Kapupaten Batola. Masyarakat pemilik lahan pun diuntungkan dengan kerjasama tersebut melalui plasma.

“Kami menyambut baik kehadiran PT Palmina di Desa Jejangkit Timur sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yaitu menambah kesejahteraan atau perekonomian masyarakat,” jelas Rahmadian Noor.

Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor saat memberikan bantuan dari perusahaan ke masyarakat.

Rahmadian Noor menambahkan, usaha perkebunan memang wajib di bangun oleh pihak perusahaan dan menjadi kemintraan dengan pemilik lahan.

“Intinya disitu mereka (perusahaan) membantu masyarakat dengan membangun plasma,” ucapnya.

Sementara itu Kuasa Direktur PT Palmina Utama Roby Aliansyah  mengatakan, pihaknya merencanakan 57.000 pokok sawit di lahan seluas 428 hektare tersebut. Konsep plasma pihaknya sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 Tahun 2013.

“Disediakan 20 persen lahan untuk masyarakat dan sisanya menjadi tanggung jawab perusahaan,” ungkap Roby.

Roby juga mengatakan, realisasi plasma di Desa Jejangkit Timur ini sudah digagas sejak lama.

“Agenda tanam perdana ini merupakan rangkaian dari agenda pihak PT Palmina Utama bersama KSU Kencana Makmur, dan Pemkab Batola pada 13 Juli tahun 2018 dalam pertemuan di salah satu Hotel ternama di Banjarmasin,” jelas Roby.

Selain itu Kepala Desa Jejangkit Timur Muammar, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait seperti Pemerintah Kabupaten Barito Kuala dan PT. Palmina Utama yang sudah merealisasikan keinginan masyarakat.

“Warga desa sangat bersyukur dan berterimakasih, karena penantian kami pada hari ini bisa direalisasikan pemerintah dan perusahaan, untuk penduduk sendiri Ada 250 KK di desa, dulu ada kendala karena banjir dan penanaman diundur namun saat ini sudah terealisasi,” ucap Muammar. (TR01/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.