BanjarbaruNews

BPT PKH Cempaka Kembangkan Ayam Pedaging

Peternak Daerah Bisa Mengambil Bibit Ayam di Sini

BANJARBARU – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pembibitan Ternak (BPT) dan Pusat Kesehatan Hewan Banjarbaru mengembangkan ayam pedaging. Hal ini disampaikan Kepala UPT Balai Pembibitan Ternak dan Pusat Kesehatan Hewan Ahmad Rifani, di sela acara syukuran UPT BPT dan PKH Banjarbaru di Gunung Kupang Kecamatan Cempaka, Kamis (5/9) siang.

Kepada Abdi Persada FM Rifani mengatakan, di UPT yang memiliki kawasan seluas 2 ha ini, dulunya memang RPH (Rumah Potong Hewan) namun kini, ketika sudah menjadi UPT maka pihaknya mencoba untuk melakukan pengembangan, terlebih hewan ternak.

“Kami mengembangkan ternak kambing, tapi untuk saat ini lebih fokus kepada ternak ayam untuk produksi daging,” ucap Rifani.

Ayam betina yang kini jumlahnya sebanyak 300 ekor menurut Rifani, berasal dari Pulau Jawa.

“Kami beli anakan ayam ini dari Jawa, untuk pejantannya jenis ayam Bangkok sebanyak 30 ekor, kami mengembangkan ayam yang banyak menghasilkan daging,” ucapnya.

Rifani optimis jumlah ayam di UPT ini semakin berkembang. Karena itu, ia mengharapkan para peternak ayam di daerah ini nantinya dapat membeli ayam di tempat ini untuk kembali dikembangkan.

Mengenai hewan ternak jenis kambing, Rifani menjelaskan, saat ini dipelihara empat ekor kambing, yang memang dipelihara untuk dikembangbiakan. Namun, kendala yang ada adalah terbatasnya pakan hijauan bagi ternak kambing.

Untuk itu, pihaknya berupaya menumbuhkan pakan hijauan jenis rumput dan pohon, khusus pakan ternak kambing.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjarbaru Arnawaty Sufiyatin mengharapkan, agar masyarakat dapat memanfaatkan UPT ini dengan baik.

“Mudahan dengan adanya UPT ini, semakin meningkatkan peternakan di Banjarbaru,” ucapnya. (RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat