13 April 2021

Untuk Penguatan Pendidikan Karakter, Guru Harus Berprilaku Baik

1 min read

Suasana Uji Publik Raperda Penguatan Pendidikan Karakter di DPRD Kalsel, Kamis (29/08/2019).

BANJARMASIN – Guru pengajar juga harus mendapatkan pembinaan agar memiliki prilaku baik dalam menerjemahkan ilmunya kepada anak didik sehingga payung hukum penguatan pendidikan karakter juga menyasar para pendidik. Usulan itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, Irnawati kepada Pansus saat Uji Publik Raperda Penguatan Pendidikan Karakter di DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (29/8).

Ia menilai regulasi ini sangat tepat. Namun dalam menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia dan menguasaiĀ  ilmu pengetahuan harus ditopang guru pengajar yang berprilaku baik.

“Contohnya dalam berpakaian saat memberikan bimbingan belajar di kelas, jangan sampai mengenakan busana tidak sopan seperti baju dan celana ketat,” katanya.

Menurutnya penampilan tersebut akan menjadi contoh kurang baik bagi anak didik dan berpotensi mengandung unsur yang tidak pantas. Selain itu, sikap dan perbuatan mereka harus menjadi tauladan bagi peserta didik.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua Pansus Raperda Penguatan Pendidikan Karakter, Muhammad Lutfi Saifuddin menyambut baik usulan tersebut dan akan menjadi pertimbangan pihaknya. Tetapi menurutnya materi ini nantinya akan menjadi bagian teknis saja.

Dalam seminar/uji publik tersebut, sejumlah masukan juga disampaikan perwakilan dari Kabupaten/Kota se Kalsel dan peserta yang akan menjadi bahan pertimbangan Pansus untuk masuk naskah akdemik. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.