12 April 2021

Raperda Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Air di Kalsel Sudah Tahap Finalisasi

1 min read

Ketua Pansus Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air di Kalsel, Riswandi.

BANJARMASIN – Raperda tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air di Kalimantan Selatan sudah memasuki tahapan finalisasi.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tersebut, Riswandi mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat finalisasi pada Kamis 22 Agustus 2019 lalu. Dalam rapat itu, pihaknya menghimpun semua rekomendasi, masukan dan saran dari pihak-pihak terkait terutama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri kedalam draft raperda tersebut.

Riswandi menjelaskan Raperda Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air di Kalsel ini mengatur terkait kewenangan sebagian urusan pemerintah pusat yang dialihkan kewenangannya ke provinsi dan begitu juga sebaliknya.

“Selain itu ada juga kewenangan kabupaten/kota yang berpindah ke provinsi. Misalnya baku air mutu dan sebagainya,” katanya.

Riswandi menambahkan dengan digelarnya rapat finalisasi tersebut maka pembahasan raperda tesebut sudah selesai di tingkat pansus dewan. Langkah selanjutnya, raperda ini akan segera dikirim untuk mendapatkan fasilitasi dan evaluasi Kemendagri. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.