12 April 2021

Ini Respon Disdikbud Kalsel Terhadap Raperda Penguatan Pendidikan Karakter

1 min read

Ka Disdikbud Kalsel, M.  Yusuf Effendy.

BANJARMASIN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merespon positif Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang merupakan inisiatif DPRD Kalsel. Mengingat pendidikan nasional bertujuan agar para peserta didik tidak hanya sekedar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi mereka juga harus memiliki iman dan ketakwaannya.

Karena, menurut Kepala Disdikbud Kalsel, Muhammad Yusuf Effendy, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

“Artinya dalam membangun dunia pendidikan itu harus dua dimensi yakni imtak dan iptek. Sementara penguatan pendidikan karakter itu masuk ke imtak,” katanya.

Yusuf mengungkapkan selama ini penguatan pendidikan karakter itu sudah dijalankan dan bukanlah hal yang baru sebagaimana tercantum dalam Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dimana secara subtansi ada diatur karakter peserta didik serta Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

“Namun dengan adanya raperda Penguatan Pendidikan Karakter yang sedang dibahas ini akan memberikan peluang terkait keberpihakan pemerintah daerah terhadap sekolah keagamaan dan ponpes untuk memajukan dan mencerdaskan banua,” katanya. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.