15 April 2021

DPRD Kalsel: Program RPJMD Harus Tetap Lanjut

1 min read

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Riswandi.

BANJARMASIN – Komisi III DPRD Kalimantan Selatan berharap program yang belum terlaksana dan tuntas pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tetap berlanjut. Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Riswandi mengatakan harapan itu disampaikan ketika pihaknya melakukan konsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan ketika konsultasi tersebut pada prinsipnya pihak Bappenas bisa memaklumi terkait kesinambungan pembangunan agar program tersebut bisa tuntas.

“Namun Bappenas mengingatkan agar RPJMD tetap harus sejalan atau sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dalam rangka efesiensi dan efektivitas atau menghindari tumpang tindih dalam program,” katanya.

Sehingga, menurutnya, siapapun yang menjadi terpilih menjadi Kepala Daerah pada Pilkada 2020 nanti diharapkan dalam menyusun RPJMD harus sinkron dengan RPJMN.

Riswandi menambahkan, saat konsultasi dengan Bappenas juga dibicarakan kemungkinan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) sebagai pedoman pembangunan secara nasional yang berkelanjutan. Diskusi waktu itu cukup hangat tetapi tidak membuahkan hasil karena masih ada perbedaan persepsi terhadap GBHN yang dulu tinggal menindaklanjuti dengan sistem Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.