BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Banggar DPRD Kalsel Apresiasi Persentase PAD Lebih Besar Dari Dana Perimbangan

BANJARMASIN – Dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 terdapat komponen pendapatan daerah terutama yang berkaitan dengan besaran persentase Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 51,41 persen lebih besar dari Dana Perimbangan yang diperoleh sebesar 47,05 persen.

Mencermati hal itu, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi komposisi pendapatan seperti ini karena mencerminkan tingkat ketergantungan daerah terhadap pusat sudah berkurang.

“Sebuah bahasan menarik tentang bagaimana mengikis ketergantungan dana Pusat ini seraya berusaha terus melakukan intensifikasi maupun ekstensifikasi PAD,” kata Anggota Banggar DPRD Kalsel, Karlie Hanafi Kalianda.

Namun menurutnya, bukan berarti Dana Perimbangan menjadi sesuatu yang tabu karena memang hak Pemerintah Daerah. Tetapi meletakkan kebutuhan sedemikian tinggi ke Pusat cenderung merugikan diri sendiri.

Seperti diketahui, dalam Perubahan APBD Kalsel Tahun 2019 yang disahkan beberapa waktu lalu, pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp7.097.098.839.015 atau mengalami kenaikan sebesar 1,87 persen dibandingkan pada APBD Murni Tahun 2019 sebesar Rp6.966.945.852.547. (NRH/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat