18 April 2021

Terapkan Sistem Jajar Legowo, Petani Mantuil Panen Padi Melimpah

2 min read

Panen raya dilakukan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

BANJARMASIN – Kawasan Mantuil, Kota Banjarmasin, menerapkan sistem tanam jajar legowo pada pertanian mereka. Dan, berhasil mendapatkan panen padi yang melimpah. Hal ini terlihat pada saat panen raya yang dipimpin Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama dengan Sekda Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjarmasin, dan lainnya, Selasa (27/8).

Ibnu menyampaikan, pihaknya bersyukur panen raya masih bisa dilakukan di Kota Banjarmasin, ditengah sempitnya ketersediaan lahan di Kota Banjarmasin.

“Diantara 2 ribu hektar lahan pertanian di Kota Banjarmasin, area terbesar berada di kawasan Mantuil ini,” ujar Ibnu.

Panen ini, lanjut Ibnu, merupakan panen dari luasan lahan pertanian yang ada dikawasan Mantuil, dengan menerapkan sistem tanam jajar legowo, dan berhasil memanen padi yang cukup melimpah.

“Semoga hasil panen yang berhasil saat ini, dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi,” ucap Ibnu.

Ibnu mengatakan, karena lahan pertanian di Kota Banjarmasin tidak bisa lagi ditingkatkan. Maka, saat ini yang bisa dilakukan adalah meningkatkan hasil dari pertanian tersebut.

Dalam kesempatan ini, Ibnu juga meminta kepada petani untuk tidak melakukan pembakaran lahan pertanian mereka.

Ibnu menyampaikan, meski saat ini di Kota Banjarmasin tidak pernah terjadi kebakaran lahan. Namun, bukan berarti tidak ada titik api dikawasan lahan terbuka di kota ini.

“Titik titik api ini terus dipantau, agar tidak menjadi kobaran api,” ucap Ibnu.

Oleh karena itu, lanjut Ibnu, warga diminta untuk berhati hati dan tidak membakar lahan pertanian yang dimiliki mereka tersebut.

“Setelah panen, petani diminta untuk tidak membakar lahan mereka, tetapi lahan tersebut bisa diberi pupuk dan dibalik untuk menyuburkan lahan pertanian tersebut,” pungkasnya. (SRI/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.