15 April 2021

Kesenian Jaranan  Meriahkan HUT RI ke-74 di Mandastana

2 min read

Anak-anak Desa Karang Bunga saat menampilkan kesenian jaranan.

BARITO KUALA – Senin malam (26/8), Camat Mandastana Daftiar Fajar menghadiri acara peringatan puncak kemerdekaan RI ke-74 di Desa Karang Bunga, dalam perayaan di desa kali ini masyarakat Kabupaten Barito Kuala menampilkan kesenian jaranan yang dibawakan oleh anak-anak hingga dewasa.

Camat Mandastana (Baju batik) saat memberikan hadiah kepada masyarakat yang menang lomba.

Kepada Abdi Persada FM, Camat Mandastana Daftiar Fajar mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi ditampilkannya kesenian jaranan.

“Yang jelas saya sangat mengapresiasi dengan adanya kesenian ini, apalagi melibatkan salah satu anggota Polri yang tentunya bisa menjadi motivasi bagi generasi muda terkhusus desa karang bunga, dan mereka bisa melestarikan kebudayaan melalui anak-anak serta anak muda yang ada di desa,” ucap Daftiar.

Sementara itu salah satu anggota Polres Batola Setiyo Budi yang aktif berkesenian bahlan terlibat dalam penampilan ini mengatakan, dirinya termotivasi aktif dalam dunia seni karena ingin menunjukan bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya dengan kebudayaan.

“Dalam pentas seni jaranan TAJ, ada 3 tarian yang ditampilkan yaitu tari srikandi, tari buto rewok, dan singo barong, dalam hal ini motivasi kita melakukan hal ini untuk menyentuh anak muda agar mereka mempunyai jiwa seni dan membangkitkan rasa cinta kepada budaya Indonesia, untuk menunjukan bahwa Indonesia adalah Negara yang kaya dengan kebudayaan,” jelas Budi yang biasa bertugas di pos simpang empat Handil Bakti.

Budi menambahkan, dirinya sudah aktif dalam dunia seni sejak di bangku SMP, hampir 15 tahun dan merangkul anak muda untuk mencintai dan melestarikan kesenian Indonesia.

Selain itu Kepada Abdi Persada FM Sekretaris Desa Karang Bunga Agus Supriadi mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan kesenian-kesenian yang ada di desa, maka dari itu pihaknya selalu menampilkan kesenian-kesenian dalam setiap perayaan yang ada di desa. (TR01/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.