18 April 2021

Jokowi Pilih Ibukota di Kaltim, Ini Tangggapan Paman Birin

2 min read

Gubernur Kalsel.

BANJARMASIN – Hari yang ditunggu tiba sudah, dimana Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan lokasi ibukota baru Republik Indonesia. Tepat pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA, Presiden Jokowi pun mengumunkan di istana negara Jakarta, bahwa ibukota terpilih adalah kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Turut hadir pada saat pengumuman itu sejumlah menteri terkait, gubernur DKI Jakarta serta tentunya gubernur Kalimantan Timur.

Sontak pengumuman presiden ini mendapat sambutan beragam dari warga negara Indonesia, terutama melalui media sosial. Banyak diantaranya yang langsung memberikan selamat kepada kabupaten yang berdekatan dengan kabupaten Tabalong serta Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu. Ucapan selamat, juga diucapkan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di hadapan wartawan pada Senin sore (26/8).

“Selamat untuk Kalimantan Timur terpilih sebagai ibukota baru. Kota sebagai tetangga patut bersyukur, karena mau tidak mau kita pasti juga akan kena imbas positifnya. Apalagi kabupaten Penajam, sangat dekat dengan dua kabupaten di Kalsel. Secara perekonomian, nantinya keduanya pasti akan turut terdongkrak,” jelasnya kepada wartawan usai mendapat kabar soal terpilihnya Kaltim sebagai ibukota pada Senin (26/8).

Menurut Paman Birin (sapaan khas gubernur Kalsel), provinsi manapun di Kalimantan yang terpilih sebagai ibukota, pasti akan tetap merasakan dampak positifnya.

“Kita bukan berkompetisi untuk meraih posisi ibukota. Karena ibukota yang ditetapkan bukan hanya untuk kepentingan Kalimantan, tetapi untuk kepentingan negeri ini. Bukan untuk 5 atau 10 tahun kedepan saja, akan tetapi selamanya,” ujarnya.

Dengan dipilihnya Kaltim sebagai ibukota, maka menurut Paman Birin, Indonesia telah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

“Selama ini terjadi ketimpangan pada pembangunan di Indonesia. Dengan dipindahkannya ibukota ke Kalimantan, maka ketimpangan itu hilang sudah karena Kalimantan TimurĀ  dekat dengan titik nol Indonesia, Kalsel. Sehingga pembangunan pun pastinya akan merata hingga ke wilayah Timur Indonesia,” tutupnya. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.