13 April 2021

Musim Kemarau, Petani di Banjar Disediakan Pompa Air

1 min read

BANJAR – Bulan Agustus hingga September merupakan puncak musim kemarau, dan untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan lahan pertanian di daerah Kabupaten Banjar, Pemerintah setempat sudah mengantisipasi dengan cara menyiapkan beberapa pompa air untuk para petani. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Banjar, Muhammad Fachry kepada sejumlah wartawan, belum lama tadi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Banjar, Muhammad Fachry.

Disampaikan Fachri, untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen petani padi di Daerah Kabupaten Banjar, pihaknya menyiapkan beberapa pompa air yang bisa digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka.

“Ada beberapa lokasi persawahan di kabupaten Banjar yang airnya dalam sehingga para petani menanam padi dibulan Juni dan Juli, nah yang tanam dibulan Juni dan Juli sudah kami informasikan kepada para petani harus mewaspadai terhadap ancaman kekeringan dimusim kemarau ini, tapi sudah kami antisipasi dengan menyediakan pompa air, dan kami berkerjasama dengan Kodim untuk memonitor dan berpatroli untuk mengetahui siapa saja petani yang membutuhkan pompa air,” ucap Fachry.

Lebih lanjut disampaikan fachry, selain menyediakan pompa air untuk para petani, pihaknya juga memotivasi para petani, untuk membuat sumur-sumur konteks di area persawan mereka

“Untuk area persawahan yang jauh dari sumber air, kami minta untuk membikin sendiri sumur konteks,” ucap Fachry.

Menurut Fachry hingga saat ini belum ada laporan tanaman padi di Kabupaten Banjar yang terancam gagal panen. (TR02/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.