BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Meriah, Ribuan Masyarakat Hadiri Puncak Hari Jadi Ke-69 Provinsi Kalsel

Ratusan Ribu Porsi Makanan, Ludes Dalam Waktu 3 Jam

BANJARMASIN – Layaknya sebuah pesta ulang tahun, maka suasana kebahagiaan dan kemeriahan lah yang diharapkan sang empunya acara maupun tamu undangan yang hadir. Suasana itu pula yang terasa pada peringatan Hari Jadi Ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan pada Rabu pagi (14/8). Dipusatkan di halaman eks kantor gubernur jalan Jendral Sudirman Banjarmasin, ribuan mata dimanjakan berbagai acara hiburan dan atraksi kesenian yang disuguhkan. Mulai dari saat gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama istri didampingi menteri pariwisata Arief Yahya, tiba di tempat acara sekitar pukul 09.15 WITA. Kedatangan mereka disambut pasukan Payung Kembang 69, yang mengiringi hingga tenda VVIP. Puncaknya adalah saat prosesi pemotongan Nasi Astakona oleh gubernur, wakil gubernur Kalsel dan disaksikan menteri pariwisata dan wakil menteri luar negeri, diiringi dengan suara meriam atau laduman dari seberang sungai. Suaranya yang luar biasa nyaring, juga menjadi penanda bahwa acara makan bersama pada acara Syukuran dan Karasminan Peringatan Hari Jadi Ke-69 Provinsi Kalsel sudah dimulai. Sembari juga Tarian Sinoman Hadrah, dipertunjukkan para penari di atas tongkang di tengah sungai Martapura. Bahkan gubernur Kalsel dan menteri pariwisata tidak segan, ikut menari bersama mereka.

Satu lagi yang menjadi pusat perhatian ribuan masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya, adalah 120 stand di jalan Jendral Sudirman dan jalan Pierre Tendean, yang menyajikan ratusan ribu porsi makanan gratis bagi pengunjung serta tamu dan undangan. Mulai dari makanan khas Banjar, masakan Padang, sate, bakso hingga ragam kue tradisional disajikan stand yang digawangi SKPD pemerintah provinsi dan Forkopimda Kalsel, pemerintah kabupaten/kota serta perbankan dan swasta. Hanya dalam kurun waktu 3 jam saja, seluruh makanan tersebut habis diserbu masyarakat yang antusias hadir sejak pagi sebelum acara dimulai. Salah satu stand yang digawangi Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), bahkan sudah kehabisan 10 ribu kue sebelum aba-aba-aba makan bersama resmi dimulai.

Terkait antusiasme masyarakat ini, gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengaku sangat senang, bahwa makanan yang memang disiapkan untuk mereka habis disantap. Karena memang itulah tujuan dari Syukuran dan Karasminan Hari Jadi Ke-69 Provinsi Kalsel, yakni memberikan kesenangan kepada mereka.

“Terima kasih untuk masyarakat yang sudah antusias memenuhi undangan hari jadi. Kita bergembira bersama di sini. Saya juga berharap, masyarakat terus memberikan dukungan untuk pembangunan Kalsel, menuju provinsi yang Mapan dan Terdepan. Masyarakatnya juga harus siap beradaptasi dengan perubahan zaman, meski tetap harus mempertahankan sikap luhur yang diwariskan para pejuang dan nenek moyang kita,” jelas gubernur yang biasa disapa Paman Birin tersebut.

“Kita juga patut bangga, bahwa peringatan hari jadi tahun ini dihadiri menteri pariwisata dan wakil menteri luar negeri. Bahkan menteri pariwisata ada di Banjarmasin ini sampai 4 hari. Ini bukti kepedulian kementrian pariwisata¬† pada perkembangan dunia kepariwisataan kita,” tutupnya. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat