BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Hari Jadi, Pemprov Kalsel Undang Masyarakat Makan Gratis

BANJARMASIN – Sore Selasa (13/8), kawasan Siring 0 Kilometer Banjarmasin tampak dipenuhi motor dan mobil yang terparkir di kanan kiri jalan. Sementara di halaman eks kantor gubernur Kalimantan Selatan, terlihat orang berlalu lalang di tenda-tenda yang sudah terbangun kokoh. Bahkan di tengah halaman, terlihat panggung melingkari tiang bendera berlogo angka 69 sangat mencolok mata, juga sudah tertata rapi. Sementara itu di panggung utama Siring 0 Kilometer juga terlihat kesibukan panitia, memastikan seluruh pengisi acara siap pada hari H Rabu (14/8). Begitu pula pada penari, tak lelah berlatih agar dapat menampilkan yang terbaik. Apa gerangan yang mereka siapkan ini? Ya, mereka tengah sibuk menyiapkan puncak peringatan hari jadi ke-69 provinsi Kalimantan Selatan, yang puncaknya dirayakan di sekitar eks kantor gubernur Kalsel jalan Jendral Sudirman Banjarmasin.

Ditemui di lokasi acara pada Selasa sore (13/8) sekretaris daerah provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie menjelaskan, seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan hari jadi pada Rabu (14/8), seluruhnya hadir pada Selasa sore, agar pelaksanaan di hari H berjalan lancar dan aman.

“Termasuk para pemilik tenda kerucut yang menyajikan makanan gratis bagi masyarakat besok, juga hadir untuk melihat lokasi mereka. Sehingga besok mereka tinggal menempatkan makanan yang akan disajikan,” ujarnya di sela kesibukan menyiapkan puncak acara hari jadi di halaman eks kantor gubernur.

Lebih lanjut Haris menjelaskan, untuk Rabu (14/8), saat pesta rakyat dihelat, juga akan disuguhkan makanan gratis di kawsan Siring 0 Kilometer Banjarmasin. Dimana setiap satuan perangkat kerja daerah (SKPD) lingkungan pemprov Kalsel, menyumbang minimal 500 porsi makanan. Itu terlihat dari ribuan piring dan ribuan besek berlogo Syukuran Karasminan Hari Jadi ke-69 Provinsi telah disiapkan.

“Kita keroyokan mengerjakan ini, dan diperkirakan dana yang dihabiskan untuk pesta rakyat sekitar 1 miliar rupiah. Karena memang tidak boleh dianggarkan khusus dalam APBD, untuk acara hari jadi ini,’ jelasnya.

Sementara itu, pada acara Topik Kita Hari Ini (TKHI) bersama Abdi Persada FM pada Selasa (13/8), kepala biro umum pemprov Kalsel M Rusli menjelaskan, setidaknya ada 120 stand yang menyediakan makanan gratis bagi masyarakat kota Banjarmasin dan sekitarnya.

“Menu yang disajikan mulai dari ketupat, lontong, nasi kuning, sate, gado-gado, rawon, hingga aneka wadai khas Banjar. Selain itu di atas sungai, akan ada 3 tongkang tempat berlangsungnya sejumlah atraksi budaya dan pertunjukan untuk pesta rakyat,” jelasnya kepada Abdi Persada FM.

Rusli berharap, masyarakat dapat datang beramai-ramai memenuhi undangan pemprov menghadiri acara Syukuran dan Karasminan Hari Jadi pada Rabu (14/8). Namun tetap Ia meminta masyarakat yang datang untuk tertib, dan sabar menunggu aba-aba dimulainya acara makan bersama.

“Ya sekitar pukul 10.50 WITA, kita perkirakan acara seremonial berakhir dan langsung dilanjutkan acara makan bersama. Kami harap masyarakat dapat dengan sabar menunggu sirine tanda dimulainya acara makan, agar seluruh undangan dan masyarakat yang berhadir di Siring 0 Kilometer mendapatkan makanan gratis tersebut,” tutupnya. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat