BanjarmasinNews

KPU Banjarmasin, Telah Tetapkan 45 Anggota DPRD Kota Periode 2019 – 2024

BANJARMASIN – Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Banjarmasin Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, berlangsung di salah satu Hotel Banjarmasin, pada Selasa (13/08) berjalan lancar.

Dari hasil penetapan kursi terbanyak perolehan partai politik pada Pemilu Tahun 2019 di Kota Banjarmasin diraih Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 9 kursi, disusul Partai Golkar dan Gerindra sebanyak 6 kursi serta PDI Perjuangan 5 kursi. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin Gusti Makmur kepada wartawan dijelaskannya, selain PDI Perjuangan, Partai lain yang juga meraih  5 kursi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sedangkan PPP hanya mampu meraih 2 kursi, PBB satu kursi, serta Nasdem satu kursi.

Makmur mengatakan, alasan baru ditetapkannya perolehan kursi dan anggota DPRD terpilih ini, karena terjadi sengketa di Partai Demokrat, yakni antar Caleg partai di Dapil Banjarmasin Barat yang masuk ke Mahkamah Konstitusi, namun gugatan itu ditolak MK.
“Dengan telah selesainya permasalahan itu, maka KPU Kota baru bisa menetapkan anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih,” ucapnya.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji saat diwawancara media massa.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Sarmuji yang juga hadir dalam rapat pleno menjelaskan, KPU Kota Banjarmasin yang terakhir menetapkan perolehan kursi dan calon anggota DPRD terpilih pada Pemilu 2019 dari 13 Kabupaten dan Kota di Provinsi ini.

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, saat memberikan komentarnya.

 

 

Menanggapi hal itu juga Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah berharap, bagi Anggota DPRD yang baru nanti, akan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota untuk menyukseskan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu mengedepankan kedisiplinan, khususnya saat membahas peraturan daerah, pembahasan anggaran, bahkan rapat paripurna.

 

Adapun anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih untuk periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan KPU adalah, Dapil Banjarmasin Tengah, M Faisal Hariyadi (PAN), Matnor Ali (Golkar), Wahid (PKS), Suyato (PDIP), Adi Junaidi (Partai Demokrat) dan Gusti Yasni Iqbal (Partai Gerindra). Kemudian Dapil Banjarmasin Utara adalah, Syarifah Sakinah dan Amelia Handayani (PAN), Sukrowardi (Partai Golkar), M Isnaini dan Heri Kartono (Partai Gerindra), Musyaffa Zakir (PKS), Zainal Hakim (PKB), Taufik Husin (PDI Perjuangan), Bambang Yanto Permono (Partai Demokrat) dan Ismail Iberahim (PBB). Selanjutnya Dapil Banjarmasin Timur adalah Harry Wijaya (PAN), Noorlatifah (Golkar), Tugiatno (PDI Perjuangan), Zainal A Husni (PKB), Abdul Haris (Partai Demokrat), Mudah (Partai Gerindra) dan Yunan Chandra (partai Nasdem). Untuk Dapil Banjarmasin Barat adalah Mira Farialni dan Rinda Herliani (PAN), Ananda dan Darma Sri Handayani (Partai Golkar), Muhammad Yamin (Partai Gerindra), Mathari (PKS),  Arufah Arif (PPP), Saut Natan Samosir (PDI Perjuangan), Dedy Sopian (PKB) dan Gusti Yuli Rahman (Partai Demokrat). Dan Dapil Banjarmasin Selatan adalah Afrizal Ayesinena, Abdul Muis dan Istiqomah (PAN), Achmad Rudiani (Partai Golkar), Siti Rahimah (Partai Gerindra), Aliansyah (PKS), Hilyah Aulia dan Rahman Nanang Riduan (PKB), Abdul Rasyid Ridha (PPP) dan M Nasir (PDI Perjuangan) dan M Syafrullah (Partai Demokrat). (NHF/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat