BanjarmasinNews

Semua Anggota DPRD Kalsel Periode 2014 – 2019 Akan dapat Dana Purna Bakti

BANJARMASIN – Masa jabatan 55 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel periode 2014-2019 tinggal menghitung hari. Awal bulan depan, mereka akan digantikan Calon Legislatif Terpilih dalam Pemilu 2019 kemaren. Meski lengser, mereka bakal mendapatkan dana Purna Bakti di akhir  jabatannya.

Kepada wartawan, Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Kalsel, Idrus mengatakan dana Purna Bakti tersebut sebagai hak mereka yang membayar premi iuran setiap bulan selama mengabdi. Menurutnya, nominalnya berkisar antara 15 hingga 20 juta rupiah. Tergantung perhitungan dari Yayasan Purna Bakti (Yanarti) di Jakarta sebagai pengelola keuangannya.

“Untuk pencairannya masih menunggu Surat Keputusan pemberhentian tugas sebagai anggota dewan,” katanya

Idrus menambahkan Dana Yanarti ini berlaku bagi semua Legislator periode 2014-2019 baik yang terpilih maupun tidak lagi. Meski nominal masing-masing berbeda, sesuai lama menjabat.

Sementara itu, Kasubag Verifikasi dan Perbendaharaan Vera Ekadianti mengungkapkan Dana Yanarti tersebut bersumber dari gaji pokok para anggota dewan selama bertugas.

“Masing-masing gaji pokok anggota dipotong  sebesar 20 persen untuk disetorkan ke Yanarti. Besarannya sekitar 250 ribu rupiah perbulan,” jelasnya.

Diketahui, tunjangan Yanarti ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD yang difasilitasi Sekretariat Dewan. Walaupun ada anggota dewan meninggal dunia ditengah masa jabatan, tunjangan dapat dicair oleh ahli waris. Sedangkan anggota dewan PAW, tunjangannya dihitung sejak mulai bertugas. (NRH/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat