NewsProvinsi Kalsel

88 Disabilitas di Kalsel, Dapatkan Bantuan Tangan dan Kaki Palsu pada HKSN 2019

BANJARMASIN – Jelang berakhirnya tahun 2019 nanti, provinsi Kalimantan Selatan kembali dipercaya menjadi tuan rumah dua even nasional. Yakni puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada September 2019, serta peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) pada Desember 2019. Jelang peringatan dua even besar dengan jumlah tamu puluhan ribu orang itu, sejumlah persiapan sudah dilakukan pemerintah provinsi, salah satunya dinas sosial Kalimantan Selatan yang menjadi penanggung jawab utama kegiatan HKSN tahun 2019 Desember nanti. Mengingat akan banyak acara penyerahan bantuan yang akan dilaksanakan, dan salah satunya adalah penyerahan bantuan tangan dan kaki palsu bagi disabilitas di Kalimantan Selatan. Untuk mendapat bantuan ini, sebanyak 88 disabilitas di Kalsel, sudah menyelesaikan pengukuran di kantor dinas sosial provinsi di Banjarmasin, selama dua hari berturut-turut, pada Senin (5/8) hingga Selasa (6/8).

Terkait hal ini, kepala dinas sosial Kalsel Siti Nuryani kepada Abdi Persada FM menjelaskan, 88 disabilitas penerima bantuan tangan dan kaki palsu itu berasal dari 12 kabupaten/kota kecuali Kotabaru.

88 Disabilitas di Kalsel, Dapatkan Bantuan Tangan dan Kaki Palsu pada HKSN 2019.

“Terbanyak berasal dari kota Banjarmasin, 34 orang. Mereka berasal dari beragam usia, profesi dan latar belakang. Bahkan salah satu penerimanya adalah atlet berprestasi pada Asian Paragames 2018 lalu,” jelasnya.

Siti menambahkan, jumlah penerima bantuan tangan dan kaki palsu tahun ini, adalah yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Paling banyak hanya 15 penerima bantuan saat HKSN di provinsi lain, dan kita yang paling banyak tahun ini. Sayangnya jumlah ini masih belum sebanding dengan jumlah disabilitas tanpa tangan dan kaki di Kalsel. Sebagian besar dari mereka malu, untuk mendapatkan bantuan ini. Padahal, dengan tangan dan kaki palsu ini, hidup mereka menjadi lebih mandiri tanpa bantuan orang lain atau tingkat,” tutupnya. (RIW/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat