12 April 2021

Diskominfo Kalsel Terus ‘Bergerak’ Sosialisasikan LAPOR

2 min read

Suasana sosialisasi LAPOR di berbagai daerah.

Pentingnya keterhubungan aplikasi LAPOR  antar di masing-masing kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, serta adanya aplikasi lapor versi 3 yang baru saja di launching pada Februari 2019 yang lalu, membuat Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan dituntut untuk memberikan sosialisasi di berbagai daerah di Kalimantan Selatan, diantaranya Kabupaten Tabalong, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan  Hulu Sungai Tengah (HST).

Sosialiasi yang diikuti oleh admin dan pejabat penghubung pengelola LAPOR ini, menurut Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Donas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Chairun Ni’mah, yang merupakan pemateri dalam kegiatan ini, adalah bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi dari dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, tentang pentingnya keterhubungan aplikasi LAPOR di masing-masing daerah, serta memberikan arahan kepada pengelola selaku admin aplikasi LAPOR ini, agar terjalin sinergitas antar instansi di masing-masing kabupaten/kota, dengan provinsi di kalsel.

“Kami menjelaskan tentang aplikasi LAPOR versi 3, kemudian juga menjelaskan pentingnya peran admin dan pejabat penghubung SKPD tehadap LAPOR ini, juga memberikan pengarahan berupa Bintek,” ujarnya.

Selain itu, pentingnya LAPOR ini menurut Chairun, adalah sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat serta akan berpengaruh kepada berbagai penilaian, baik dari segi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), hingga penilaian kepatuhan dari Ombudsman.

“Paling tidak admin LAPOR dapat mengelola sesuai standar minimal, karena ini kan pengaruhnya banyak sekali, seperti pendorong bagi penilaian SPBE, kualitas pelayanan publik, bahkan masuk dalam penilaian kepatuhan dari ombudsman,” paparnya.

Dari beberapa daerah yang didatangi, untuk aplikasi LAPOR, masih banyak admin yang tidak mengerti dengan alasan minimnya pendanaan, sehingga mengharuskan mereka untuk datang ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mereka dapat mengelola secara mandiri, serta nantinya mereka bisa mensosialisasikan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

“Kami rencanakan akhir tahun akan kembali kami monitoring terhadap perkembangannya,” pungkasnya. (ASC/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.