NewsProvinsi Kalsel

ASN Provinsi Kalsel Akan Kembali Jalani Tes Urine

BANJARBARU – Sebagai langkah antisipasi terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan pegawai ASN dan tenaga kontrak, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali akan mengadakan tes urine bagi pegawainya.

Disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Abdul Haris Makkie, adanya tes urine ini sudah pernah di lakukan beberapa kali, namun hanya untuk beberapa SKPD saja, sehingga berdasarkan keinginan Gubernur, tes urine ini akan kembali di lakukan secara menyeluruh.

“Gubernur menginginkan ini dikembangkan lagi kepada semua SKPD,” ujarnya, Senin (5/8), pagi di halaman Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dikatakan Abdul Haris, akan adanya tes urine ini, mengingat banyaknya kasus-kasus yang menimpa ASN terhadap penyalahgunaan narkoba ini, sehingga ini merupakan upaya pemerintah agar tidak semakin banyak atau masih ada ada yang terlibat.

“Kita tidak menutup mata, dan tidak akan melindungi ASN yang menyalahgunakan narkoba ini,” tuturnya.

“ASN yang sudah dinyatakan terlibat tentu mendapatkan sanksi, ada yang di berhentikan, ada juga yang di beri sanksi, nanti silahkan konfirmasi dengan pihak BKD,” tambahnya lagi.

Penyalahgunaan narkoba ini, lanjut Abdul Haris, tentu sangat berpengaruh tehadap sikap, mental dan juga fisik, sehingga salah satu upaya pemerintah yang di pelopori oleh Gubernur adalah dengan menggiatkan olahraga beladiri karate di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita mengharapkan ASN ini dapat menjadi teladan, contoh dan panutan bagi masyarakat, bukan malah melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti narkoba,” paparnya.

“Bukan hanya narkoba, tapi sikap perilaku dan disiplin juga harus menjadi contoh bagi masyarakat,” tambahnya.

Tes urine ini dijelaskan Abdul Haris, akan dilakukan dalam waktu dekat, dengan bekerjasama dengan badan narkotika provinsi (BNP) dan juga dinas kesehatan, dengan beban biaya akan di limpahkan kepada pemerintah Provinsi.

“Sekitar minggu-minggu ini lah, Tentu tidak kami jadwalkan, mendadak saja, baik waktu maupun SKPD nya,” pungkasnya. (ASC/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat