BanjarbaruNewsProvinsi Kalsel

19 RS di Kalsel, Terus Diupayakan Agar Tidak Turun Kelas

BANJARBARU – Adanya rekomendasi terhadap 19 rumah sakit di Kalimantan Selatan, untuk turun kelas terus diupayakan untuk dipertahankan oleh dinas kesehatan provinsi Kalimantan Selatan.

Disampaikan Kepala dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Muslim, pihaknya tetap optimis, 19 rumah sakit di Kalsel yang terancam turun kelas tetap mempertahankan akreditasinya.

“Rumah sakit yang direkomendasikan untuk turun kelas itu sedang berproses perbaikan data,” ujarnya, Senin (5/8), saat ditemui di halaman sekretariat daerah provinsi Kalimantan Selatan, usai apel gabungan awal bulan.

Sebelumnya telah dibahas atau dikoordinasikan oleh dinas kesehatan Kalimantan Selatan, bersama ke-19 rumah sakit yang direkomendasikan turun kelas dan didapati ada kesalahan input data.

“Saat ini berlangsung kawan-kawan dari 19 rumah sakit itu melakukan upaya perbaikan dan yang menjadi saran itu diperbaiki kita tunggu prosesnya,” jelasnya.

Proses perbaikan secara online maupun advokasi data dokumen yang disampaikan langsung ke kementerian kesehatan akan dievaluasi dan dilihat hasilnya untuk menentukan tetap atau berubahnya akreditasi rumah sakit.

“Belum dinyatakan turun kelas, tetapi direkomendasikan turun kelas, proses masih berlangsung dalam perbaikan itu sampai saatnya apakah rekomendasi itu dilanjutkan dengan hasil evaluasinya dan sebagainya itu nanti,” lanjutnya.

Sehingga dengan perbaikan data tersebut, diyakini, 19 rumah sakit mempertahankan kelas atau akreditasinya.

“Tanggal 12 nanti itu validasi sistem aplikasi sarana prasarana dan alat kesehatan (ASPAK), kalau sudah itu akan kelihatan apakah sudah tercukupi persyaratannya tapi kita yakin bahwa yang kita koordinasikan tidak ada yang turun kelas,” tandasnya.

Seperti diketahui bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan ratusan Rumah Sakit (RS) di Indonesia direkomendasikan turun kelas termasuk 19 rumah sakit di Kalimantan Selatan. (ASC/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat