12 April 2021

ASN Curang, Handphone Terblokir Permanen

1 min read

Irfan Rachmady saat mencek salah satu alat yang ada dikantornya.

K8BARITO KUALA – Pada bulan Agustus ini Pemerintah Kabupaten Barito Kuala mewajibkan seluruh ASN nya untuk melakukan absen kerja dengan sistem online yang bisa melacak keberadaan para ASN-nya lewat GPS.

Absensi tersebut bernama Smart Presensi. Selain untuk absen, Smart Presensi juga digunakan untuk kegiatan lain di luar kantor, maupun izin dan sakit.

Kepada Abdi Persada FM, Kabid Tekhnologi Informasi dan Informatika Kominfo Batola Irfan Rachmady mengatakan, mulai dari Agustus ini sampai bulan depan Smart Presensi masih berupa uji coba dan pada bulan oktober akan dijalankan sepenuhnya.

“Uji coba dalam 2 bulan ini, dan selama masa ini akan di evaluasi bersama untuk mendapatkan solusi yang baik,” jelasnya

Irfan menambahkan karena Smart Presensi ini juga menggunakan GPS, yang rentan di curangi dengan aplikasi Fake GPS, pihaknya sudah membuat sistem Smart Presensi akan mengetahui secara langsung apabila ada ASN yang curang dengan menggunakan Fake GPS untuk memalsukan koordinat dirinya berada handphone ASN tersebut akan langsung terblokir dan tidak bisa dipakai untuk absen lagi.

“Yang pakai Fake GPS akan terdeteksi, dan handphone nya harus di ganti,” ucap Irfan

Untuk diketahui dalam percobaan pertama Smart Presensi juga sempat mengalami gangguan dimana server mengalami overload karena banyaknya data absensi yang masuk secara bersamaan.
(TR01/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.