3 Maret 2021

PMA Dominasi Investasi Tahun 2019

1 min read

Kepala DPMPTSP Kalsel (dua dari kiri) saat acara Ngupi Bareng Paman.

BANJARBARU – Hingga Maret 2019 atau triwulan pertama tahun 2019, jumlah investasi yang masuk ke Kalimantan Selatan mencapai 3 triliun rupiah. Dari angka tersebut, diketahui Penanam Modal Asing (PMA) mendominasi investasi hingga sebesar 2,4 triliun rupiah, dan sisanya 0,6 triliun rupiah berasal dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN). Fakta ini disampaikan kepala dinas penanaman modal dan perizinan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kalimantan Selatan Nafarin, baru-baru ini pada kegiatan Ngupi Bareng Paman di Banjarbaru.

Menurut Nafarin, terjadi pergeseran investor di Kalsel dalam dua tahun terakhir. Dimana tahun lalu, PMDN lah yang justru mendominasi investasi hingga 90 persen lebih.
“Tahun lalu, PMDN tercatat berinvestasi sebesar 8,10 triliun rupiah di Kalsel. Sementara PMA Hanya sekitar 1 triliun rupiah saja,” paparnya.
Selain itu, terjadi pula pergeseran tren investasi dari sektor pertambangan pada tahun 2018 lalu, menjadi sektor telekomunikasi, transportasi dan pergudangan pada triwulan pertama tahun 2019.
“Ini membuktikan bahwa investasi di Kalsel sangat menjanjikan, dan tidak hanya terfokus pada sektor pertambangan yang selama ini me jadi primadona. Ini juga menjadi bukti keseriusan pemerintah provinsi, menghentikan ketergantungan ekonomi pada sektor pertambangan,” tambahnya.

Masih menurut Nafarin, Malaysia menjadi negara yang paling banyak menanamkan investasinya di Kalsel. Disusul Korea Selatan Singapura dan Thailand. Investasi Malaysia di Kalsel, adalah pada sektor telekomunikasi, yang jaringannya hingga kabupaten/kota. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.