NewsProvinsi Kalsel

Kondisi Kesehatan Jama’ah Haji Kalsel, Dipastikan Baik

BANJARBARU – Adanya perubahan aktifitas serta berbedanya cuaca antara negara Indonesia dengan Arab Saudi tentu akan turut mempengaruhi kesehatan bagi jama’ah ibadah

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Muslim, hingga saat ini berdasarkan laporan yang di terima dari petugas kesehatan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH), kondisi jama’ah haji asal Kalimantan Selatan masih terpantau baik, meskipun ada beberapa jamaah yang mengalami penurunan kesehatan.

“Masih terpantau baik, memang ada yang sakit, tapi pelayanan tetap optimal,” ujarnya.

Dikatakan Muslim, sebagian besar keluhan yang di alami oleh jama’ah haji berkisar pada penyakit yang berasal dari faktor kelelahan.

“Keluhan seputar ISPA, batuk, dan hipertensi,” terangnya.

Dijelaskan Muslim, jama’ah haji asal Kalimantan Selatan ini memang rentan terserang penyakit karena berdasarkan data, banyak yang masuk dalam kategori resiko tinggi, hipertensi bahkan jantung

“Jama’ah haji asal Kalimantan Selatan ini kan 62 persen lebih masuk kategori resiko tinggi, 40 persen diantaranya mempunyai keluhan hipertensi, bahkan ada juga masalah pada jantung,” jelasnya.

Petugas kesehatan, lanjut Muslim, selalu memantau kondisi jama’ah ini, serta memberikan penyadaran kepada jama’ah agar selalu melakukan pemeriksaan.

“Petugas yang ada disana kan selalu siap, stand by kapanpun,” paparnya.

Untuk kondisi cuaca sendiri disampaikan Muslim, pada puncak musim panas akan di perkirakan hingga mencapai 50 derajat celcius. (ASC/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat